Kreativitas Mendekor Rumah Tipe 36 Instagenic

Rumah Minimalis Miky Setiawan bergaya industrial loft jungalow
Sumber :
  • Instragram Miky Setiawan

VIVA – Rumah tipe 36, merupakan salah satu tipe rumah minimalis yang populer saat ini. Rumah sederhana tipe 36 siap huni, menjadi pilihan banyak pasangan muda, karena harganya yang terjangkau.

Inspirasi Rumah Mungil Minimalis di Dalam Gang, Modern dan Tetap Nyaman

Rumah ini umumnya hanya memiliki ruang tamu dan satu atau dua kamar tidur, sangat cocok untuk keluarga kecil dengan dua anak. Namun, luas rumah yang hanya 36 meter persegi membuat ruang gerak penghuni rumah menjadi terbatas.

Padahal, setiap orang mungkin menginginkan rumah yang nyaman, luas, dengan desain modern. Karenanya, desain interior dan arsitektur rumah menjadi faktor penting untuk menciptakan rumah minimalis yang nyaman, dan terlihat luas, sekaligus modern.

Tren 2023, Trik Desain Dapur Cantik di Hunian Rumah Minimalis

Di sini lah diperlukan inovasi dan kreativitas untuk melakukan renovasi eksterior dan interior, agar rumah terlihat modern dan mewah. Dengan sedikit renovasi, dapat memanfaatkan sisa lahan yang ada untuk membuat rumah semakin luas.    

Lajur udara dan pencahayaan menjadi kunci untuk menciptakan arsitektur rumah yang nyaman. Principal Antara Architect, Irianto Purnomo Hadi mengatakan, rumah kecil bisa disiasati dengan membuat langit-langit rumah lebih tinggi.

Sebelum Beli Rumah, Pahami Dulu 5 Tipe Hunian Ini

Langit-langit tinggi akan membuat ruangan tampak lebih luas dan terasa sejuk. Sedangkan langit-langit rendah, akan membuat rumah tampak sempit dan terasa sesak.

"Rumah yang sudah terlanjur menggunakan atap rendah, solusinya adalah dengan menggunakan banyak jendela. Sehingga, cela-cela dari jendela tersebut, dapat mempermudah udara masuk ke dalam rumah," ucapnya.

Selain itu, penataan furnitur, seperti sofa, kursi, lemari, juga memengaruhi keindahan interior ruangan. Kita harus memutar otak memadukan ornamen dan elemen dekoratif yang tepat untuk menciptakan rumah bergaya artistik, dan nyaman untuk ditinggali.

Menurut Alvin Hariawan, disainer interior dari Assembly Design Office, hal terpenting yang harus dilakukan untuk mendekorasi rumah dengan tipe 36 agar tidak terkesan sempit adalah perabotan rumah. Lebih baik menggunakan gaya desain yang simpel dan compact, dan tanpa pembatas ruangan.  

"Usahakan semua furnitur dan peralatan di rumah menggunakan model yang cukup sederhana, dan memang didesain untuk ruang kecil," katanya, saat dihubungi oleh VIVA.co.id.

Jumlah perabotan di dalam rumah pun sangat menentukan, agar rumah tidak sesak. Sebaiknya membatasi jumlah perabotan elektronik dan memilih perabotan yang memiliki multifungsi.

Seperti oven toaster, yakni mesin pemanggang sekaligus oven, atau mesin cuci yang sudah gabung dengan pengering. Dan, meja makan yang bisa juga dimanfaatkan sebagai meja kerja.

Ilustrasi kamar tidur

Alvin juga mengatakan, untuk menghindari pemilihan furnitur yang terlalu masif. Misalnya, bangku sebaiknya menggunakan bangku besi dan lampu yang sifatnya transparan, sehingga pola-pola yang ada di lampu tidak mengganggu.

Untuk aksesori, seperti karpet, lebih baik memilih warna-warna netral. Cermin juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembuat ilusi optik agar ruangan terlihat lebih luas.

Agar terlihat cantik, dinding rumah dapat dilapisi dengan wallpaper, tetapi jangan terlalu memiliki banyak ornamen. Lebih baik pada dinding dicat dengan warna-warna muda dan lembut untuk memberi efek luas.

"Gunakan warna muda dan lembut, agar perhatian kita bisa ditujukan ke benda yang lebih menarik, misalnya pemandangan ke taman atau furnitur yang menarik bentuknya," ucapnya.

Hal berikutnya, yang perlu diperhatikan adalah jangan mendekor berlebihan dengan lukisan atau benda seni, yang terlalu besar di dinding. Buang barang yang tidak diperlukan dan selalu sediakan gudang agak rumah terlihat rapi.

Untuk mencari inspirasi, ada banyak ide kreatif desain dan dekorasi rumah minimalis yang bisa ditemukan di media sosial, tanpa perlu membayar desainer interior profesional untuk merenovasi rumah.

Selanjutnya, para Instagramer>>>

Penataan interior yang unik dan elegan rumah para Instagramer, seperti Miky Setiawan, Kanyaka Wara Apsari, dan Novi Eriyanti bisa menjadi inspirasi untuk menciptakan rumah modern dan stylish.

Miky Setiawan

 

my personal fave time all the day ???????? we called it "Surup-Surup"???? #designinterior #interiordesign

A post shared by miky setiawan (@mikysetiawan) on

Miky Setiawan, seorang founder dan Creative Director dari Rain Drops Décor, membuat rumah impiannya di atas lahan seluas 5x20 meter. Dia memilih desain industrial loft jungalow, yang memadukan warna, pola, dan tanaman.  

Rumahnya di Surabaya ini, memiliki arsitektur unik dengan tembok beton dan kaca berbentuk kotak persegi. Rumahnya terlihat sangat instagramable dan banyak sekali memiliki sisi-sisi unik.

Ia pun berinovasi dengan membuat pola acian, seperti garis dan bolongan ,sehingga membentuk pola-pola indah, namun tetap terlihat alami. Rumah dengan interior loft, yaitu bangunan minim sekat, dan dibuat dua tingkat model mezzanine. Desain tanpa banyak ruangan memberi kesan luas.

Ia memilih tema industrial, karena melambangkan kesan maskulin yang kuat. Itu dapat dilihat dari penggunaan beton pada beberapa bagian di rumahnya sehingga terlihat kuat dan maskulin.

Lalu, tema jungalow agar rumah lebih tampak segar, dengan menggunakan banyak tanaman hias di pojok-pojok ruangan. Miky memilih dinding beton berwarna abu-abu sehingga memberi kesan tenang. 

Dominasi furnitur skandinavia dengan warna-warna cerah, seperti kuning dan biru, membuat suasana rumah menjadi ceria dan manis dipandang. Furnitur kayu dan bangku goyang turut menciptakan suasana nyaman dalam rumah untuk bersantai.

Dia pun mendekor dapur dan ruang makan menyatu dengan taman belakang membuat rumah terlihat berbeda. Perpaduan desain yang unik antara industrial, jungalow, dan sentuhan bohemian ini benar-benar menghasilkan ruangan yang instagramable. 

"Manfaat tanaman indoor sudah murah,  segar, banyak manfaat, dan pastinya tidak akan pernah bosan dilihat," kata Miky.

Menurutnya, mendekorasi rumah dengan ukuran terbatas memang membutuhkan tingkat kreativitas tinggi. Tetapi, bukan berarti Anda tidak dapat menuangkan apa yang Anda sukai ke dalam tipe rumah yang kecil.

“Yang terpenting adalah menghindarkan penggunaan sekat pada ruangan jadi dibuat lost,” ucapnya.

Namun, katanya, tetap memikirkan kebutuhan dari keluarga. Jika harus menggunakan sekat pada ruangan lebih baik untuk tidak terlalu banyak, karena akan mempermudah dalam segi dekorasi ruangan tersebut.

Kanyaka Wara Apsari

 

Selamat pagi Akhirnya si sofasofa ini pergi ke rumah barunya. 

A post shared by kanyaka wara apsari (@kanyaka_wara_apsari) on

Atau ,bisa mencontoh gaya dekorasi Kanyaka Wari Apsari. Ibu rumah tangga satu anak ini juga memilih gaya desain interior Skandinavia untuk rumahnya yang berukuran 36 meter persegi di atas lahan seluas 90 meter.

Gaya interior Skandinavia memang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk rumah minimalis, karena modern dan simpel. Furniturnya yang dominan warna putih memudahkan dipadupadankan dengan perabotan lain, sekaligus memberi suasana hangat dan ramah.

“Gaya Skandinavia ini bisa diterapkan untuk rumah yang ukurannya kecil, karena furnitur yang dipakai bergaya simpel, fungsional sehingga dapat menghemat uang,” ucapnya.

Kanya mensiasati rumahnya yang kecil agar terlihat luas dengan tidak menggunakan banyak barang di dalamnya. Dia memilih furnitur bergaya simpel, namun multifungsi. “Warna yang digunakan untuk dinding adalah abu-abu muda, atau putih. Dan, untuk warna furnitur adalah putih,” ucapnya.

Untuk cat dinding rumah, ia memilih warna abu-abu muda, karena akan lebih mudah dipadukan dengan warna, dan tekstur lain, serta memperkuat karakter dari furnitur di sekitarnya. Furnitur-furniturnya terlihat simpel namun modern, terlihat cantik, dan fungsional.

Penggunaan warna putih pada furnitur membuat ruangan tampak netral, dan terkesan rapi dan cantik. Sehingga ruangan tertata, dan tidak terkesan berantakan.

“Penataan dapur saya bergaya minimalis, saya pilih kabinet dapur berwarna putih dari material taekwod berlapis HPL dengan worktop dari granit, wastafel dari bahan stainless steel,” ucapnya.

Bukan hanya pada dapur, namun pada ruangan lain seperti kamar tidur, Kanya selalu mencoba memberikan yang terbaik untuk setiap sisi ruang di rumahnya. Pada ruang kamar dengan luas hanya 3x3 meter, ia menggunakan warna putih pada furnitur, ditambah cermin besar pada lemari agar ruangan terkesan luas.  

Kanya juga mengubah halamannya menjadi tempat favorit untuk bersantai, dan berkumpul dengan keluarga tercinta. “Saya menambahkan pot gantung pada area carport, lalu dipadukan dengan tanaman lainnya yang dibatasi dengan pagar plastik berwarna putih,’’ ucapnya.

Novi Eriyanti

Inovasi dan renovasi juga dilakukan Novi, untuk mempercantik rumahnya. Ia mensiasati rumahnya bertipe 36 dan luas tanah 79 meter dengan menghilangkan sekat dinding rumahnya di Sukabumi, Jawa Barat.

Dengan bermodal Rp50 juta, Novi merenovasi rumah dan membeli furnitur untuk menghiasi rumahnya. Ia menambah ruangan dengan membangun lantai dua.

"Konsep awal rumah saya adalah bagaimana menyiasati rumah yang sempit terlihat luas. Saya tidak menggunakan sekat pemisah ruangan, sehingga ruangan menyatu, seperti dapur yang menyatu dengan ruang tamu dan ruang tv tanpa sekatan," ujarnya.  
 
Cat dinding berwarna putih semakin memberi kesan lapang pada rumahnya. Suasana homey juga terlihat dengan tidak banyaknya furnitur di dalam rumah ditambah dengan hiasan tanaman hijau memberi kesan segar.

Untuk ruang makan, Novi menambahkan meja mini bar, sehingga memberi kesan modern. Ia menggunakan warna-warna netral, seperti putih atau abu muda, serta wall decor dan furnitur warna cerah, agar tidak terlihat jenuh.

"Sesekali simpan tanaman di dalam rumah selain menambah manis ruangan juga berfungsi untuk menyaring polusi udara di dalam ruangan," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya