Pembacokan Aktivis ICW Terkait Bom di Tempo?

Kantor Tempo dilempar bom molotov.
Sumber :
  • VIVAnews/ Tri Saputro

VIVAnews - Aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW), Tama Satya Langkun, yang melaporkan kasus rekening mencurigakan milik sejumlah jenderal polisi dianiaya pada dini hari tadi, pukul 04.00 WIB. Dia dibacok orang tak dikenal berbadan tegap saat melintas di Kawasan Duren Tiga, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Menurut Wakil Koordinator ICW, Adnan Topan Husodo, diduga kuat penganiayaan terhadap Tama bukan kasus kriminal biasa. "Kami melihat agak sulit untuk menganggap itu sesuatu yang tak ada kaitan dengan apa yang kami lakukan," kata Adnan ketika dihubungi VIVAnews, Kamis, 8 Juli 2010.

Kata Adnan, peristiwa ini diduga telah direncanakan sedemikian rupa. Apalagi, "ini kejadian yang berturut-turut. Di Tempo juga mengalami hal yang sama, dibom molotov, sementara aktivis kami dianiaya."

Yang mengherankan, jelas Adnan, tidak ada barang berharga milik Tama, juga rekannya, Khadafi yang diambil.

Saksi mata di lokasi kejadian mengaku mobil Avanza silver yang memepet korban dari belakang, bahkan sempat berbalik untuk mengembalikan helm. "Ini yang aneh sekali," kata Adnan. "Motifnya bukan perampokan, tapi kekerasan fisik."

Tama saat ini masih intensif dirawat di Rumah Sakit Asri yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Karena luka bacok yang cukup parah, kepala bagian depannya mendapat 12 jahitan. Itu belum termasuk kepala bagian belakang. (kd)

"Informasi terakhir yang kami dapat, sudah ada 29 jahitan yang didapat Tama," ujar Adnan.

Dua hari sebelum penganiayaan aktivis ICW, Selasa 6 Juli 2010, kantor Majalah Tempo di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat dilempari bom molotov.

Tiga bom molotov yang dilempar orang tak dikenal itu jatuh di depan dinding kaca kantor redaksi Majalah Tempo. Satu di antaranya meledak, namun tak sampai membakar gedung karena bisa langsung dipadamkan petugas keamanan.

Kejadian tersebut terjadi pasca Majalah Tempo menurunkan laporan utama tentang kasus rekening mencurigakan milik sejumlah perwira tinggi Polri.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024