Universitas Bakrie Kembangkan Kampus Ecogreen

Peresmian "Campus of Technopreneur"
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Sarana perkuliahan yang dilengakapi fasilitas rekreasi menjadi hal yang jarang di dunia kampus Indonesia. Demi menunjang sarana dan prasarana mahasiswa, Universitas Bakrie akan mengembangkan kampus yang berwawasan lingkungan. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan dunia pendidikan yang lebih baik.

“Seiring dengan makin bertambahnya mahasiswa, kampus akan dikembangkan dan diperluas di kawasan Bogor Nirwana Residence dengan suasana yang asri dan berwawasan eco-green,” kata Rektor Universitas Bakrie Prof Ir Sofia W Alisjahbana, M.Sc., Ph.D. saat ditemui di kampusnya, di kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Rabu 6 April 2011.

Dengan lahan selus 25 hektar, seluruh fasilitas penunjung mahasiswa juga akan dikembangkan. Tak hanya ruang kuliah, laboratorium pendidikan, gedung perpustakaan, gedung pusat bahasa, sarana praktek kerja, dan fasilitas penunjang perkuliahan lainnya, tapi juga dilengkapi plasa dan gedung teater untuk interaksi mahasiswa.

Kawasan kampus juga akan dilengkapi dengan fasilitas penunjang kehidupan mahasiswa, seperti gedung asrama dan area university villages yang bisa digunakan para mahasiswa berrekreasi. “Semua fasilitas yang ada juga terintegrasi dengan fasilitas Bakrie Nirwana Residence," katanya.

Tak hanya itu, karena konsepnya yang ramah lingkungan, sarana jalur sepeda dan jalur pejalan kaki yang asri juga akan dikembangkan. Semua arsitektur bangunan akan dikemas dalam satu lingkungan kampus hijau.

Penggunaan koridor yang lebar untuk menahan tampias hujan, pemanfaatan cahaya matahari sebagai sumber penerangan utama, dan pemanfaatan ventilasi silang merupakan hal utama yang akan diterapkan dalam desain gedung-gedung kampus.

“Tentunya semua akan dibangun secara bertahap," katanya. Kampus Universitas Bakrie di Bogor siap digunakan pada tahun akademik 2012-2013.

Saat ini Universitas Bakrie memiliki 7 progrm studi, yaitu manajemen, akuntansi, ilmu komunikasi, teknik informatika, sistem informasi, teknik industri, dan ilmu politik. Pada 2012-2013 program studi juga akan ditambah teknik sipil dan arsitektur, teknologi pangan, agro teknologi, psikologi, dan desain komunikasi visual.

Saat ini Universitas Bakri berlokasi di kawasan Kuningan, yakni kawasan Rasuna Epicentrum. Sejak diresmikan pada Agustus 2010, mahasiswa Universitas Bakrie telah mencapai 1.300. Dengan pengembangan kampus di Bogor, diharapkan jumlah mahasiswanya akan meningkat menjadi 15 ribu pada 2017.

"Sebanyak 220 beasiswa diberikan bagi calon mahasiswa baru dengan nilai terbaik dalam setiap tahunnya," ujar Sofia.

Gibran Akan Temui Wapres Ma'ruf Amin Sore Ini
Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Delegasi negara Republik Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional, melakukan kunjungan negara ke Iran, kata media resmi pemerintah Korut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024