Tahu Makanan Favorit SBY

VIVAnews - Kandidat presiden incumbent Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ternyata sangat menggemari tahu. 

"Siapa yang suka tahu? Kalau ya, sama dengan saya. Sebab, tahu merupakan makanan favorit saya," kata SBY kepada masyarakat di sentra industri makanan tahu di kawasan Mabar dan Pardede Hall, Medan, Minggu, 21 Juni 2009.

SBY menambahkan, jangan dipikir semua makanan di istana selalu mewah dan mahal, padahal jika masyarakat dan warga berkunjung, menu setiap hari yang dimakannya adalah tahu, tempe, dan kecap. "Jadi, menu di istana itu sama, tidak ada yang istimewa dan mewah," ujarnya.

Calon Presiden Partai Demokrat itu menambahkan, selain setiap hari menyantab tahu, tempe, dan kecap, juga tak ketinggalan makan kerupuk. "Itu makanan yang nikmat dan sehat, apalagi kalau tahu pake cabe," tutur SBY.

Warga pun menyambutnya dengan tepuk tangan. "Lanjutkan pak SBY," teriak warga Mabar serentak.

Berdasarkan situs Wikipedia, tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari China, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso.

Tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi, hanyu pinyin: doufu) yang secara harfiah berarti "kedelai yang difermentasi". Tahu pertama kali muncul di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan Dinasti Han.

Di Jepang dikenal dengan nama tofu. Dibawa para perantau China, makanan ini menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.

Sebagaimana tempe, tahu dikenal sebagai makanan rakyat. Beraneka ragam jenis tahu yang ada di Indonesia umumnya dikenal dengan tempat pembuatannya, misalnya tahu Sumedang dan tahu Kediri.

Aneka makanan dari tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, tahu isi (tahu bunting), tahu campur, pergedel tahu, krupuk tahu, dan lain-lain.

antique.putra@vivanews.com

Stasiun Whoosh di Karawang Belum Beroperasi, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya
Ilustrasi orang sedang bermain game online

Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) menyatakan progres perpres pengawasan game online sudah harmonisasi antara kementerian, lembaga dan pemda.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024