Kopassus dan Ahli Radiasi UI Ciptakan Box Anti Corona Belanja Online

VIVA Militer: Komandan Jenderal Kopassus I Nyoman Cantiasa
Sumber :
  • Youtube TNI AD

VIVA – Semenjak Virus Corona atau COVID-19 menyerang Indonesia, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan semua aktivitas di rumah saja. Dengan begitu semakin meningkat pula kebiasaan belanja secara online. 

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Belanja secara online ini mampu melindungi diri sendiri karena kita tidak perlu berhadapan langsung dengan orang lain. Namun bagi sebagian orang melupakan bahwa saat kita menerima paket dari luar, bisa saja paket tersebut terdapat virus corona.

Dilansir dari situs TNI AD Kamis 28 Mei 2020, Kopassus bekerjasama dengan alumni fakultas teknik Universitas Indonesia. Kerjasama ini menghasilkan sebuah box sterilisasi yang berukuran cukup besar, sehingga mampu mensterilkan sebuah paket yang dikirim dalam transaksi belanja online.

Jenderal Maruli Jelaskan Alasan Mayor Teddy Belum Lepas Sebagai Ajudan Prabowo

Selain itu, teknologi yang berada di box Disinfex ini juga tergolong canggih. Pasalnya box ini hanya membutuhkan waktu selama 6 detik saja dan paket sudah tersterilisasi tanpa adanya bahan kimia.

Menurut Professor David J. Brenner, seorang ahli dalam bidang radiasi dan biofisika mengungkapkan bahwa ketika DNA virus dirusak oleh energi poton sinar UVC maka virus tidak bisa bermutasi, tidak dapat berkembang, dan akhirnya mati.

Jenderal Maruli Ungkap Isi Pertemuan dengan AHY

Sehingga dengannya box Disinfex ini, mampu memutus mata rantai penyebaran virus ini dimulai dari lingkungan sendiri. Alat ini sendiri akan diuji coba terlebih dahulu di lingkungan tempat tinggal Kopassus yang berada di kawasan Cijantung, Jakarta Timur.

Box Disinfex ini juga diklaim mampu mematikan virus corona yang terdapat pada kemasan makanan dan dokumen. Sehingga setelah menerima paket tersebut, kita tidak perlu khawatir dengan ancaman virus. Karena virus tersebut sudah dimatikan dengan bantuan sinar UVC.

Baca: KSAU Mau Tingkatkan Sistem Intelijen dan Operasi Militer Perang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya