Gayus Mundur dari Panitia RUU MA

Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Gayus Lumbuun, mengundurkan diri dari Panitia Kerja rancangan undang-undang (RUU) Mahkamah Agung. Gayus takut ada konflik kepentingan.

Sebelumnya panitia RUU ini kencang diisukan telah menerima suap untuk memuluskan perubahan usia pensiun hakim agung dari 65 menjadi 70 tahun. Apakah Gayus mundur karena isu itu?

"Saya kan tidak mengatakan ada suap. Itu sekadar isu. Isu itu terdiri dari berbagai kepentingan, nanti ada balas jasa dan lain-lain. Itu hanya isu," tegas Gayus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 18 September 2008.

Menurut Gayus yang juga Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR itu, jika memang ada suap, silakan dilaporkan saja ke BK atau ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Kalau ada, adukan saja ke BK maupun KPK."

Mengenai penggantinya nanti di panitia RUU itu, Gayus menyerahkan sepenuhnya pada mekanisme Fraksi PDIP.

5 Fakta Menarik Atalanta Usai Pulangkan Liverpool di Liga Europa

Sebelumnya, Indonesian Corruption Watch (ICW) melansir adanya dugaan suap terhadap anggota-anggota Komisi III DPR yang mengurus RUU MA. Setidaknya, ICW menyebut Rp 10 miliar telah digelontorkan untuk memuluskan perubahan usia pensiun hakim agung menjadi 70 tahun.

Pemain Timnas Indonesia U-23

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final

Timnas Indonesia U-23 berada di posisi dua setelah meraih tiga poin dari dua pertandingan. Berikut skenario Indonesia menembus perempat final Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024