RESEP: Takjil Praktis Ketan Saus Mangga

Ilustrasi ketan saus mangga
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
Agrimania, Mangga Termahal di Indonesia
Jika Anda pernah berkunjung ke Thailand atau bersantap di restoran Thailand, Anda pasti tahu salah satu hidangan penutup khas Negeri Gajah Putih ini

RESEP: Membuat Selai Stroberi Sendiri di Rumah

Ya, dinamakan
RESEP: Rahasia Kentang Goreng Super Renyah
mango sticky rice, hidangan ini merupakan ketan yang dimasak bersama santan kelapa dan garam yang disajikan dengan mangga Thailand yang manis.

Nah, Anda bisa menyontek hidangan tersebut sambil sedikit berkreasi. Misalnya dengan menambahkan saus mangga manis yang akan menambah cita rasa sajian ini.

Ketan saus mangga juga cocok dijadikan menu takjil saat berbuka puasa yang cukup mengenyangkan hingga waktu makan malam tiba. Untuk mengetahui bahan-bahan dan cara membuatnya, berikut ini resep lengkapnya dari dapur Phillips.


Ketan Saus Mangga

Bahan-bahan

Ketan

-400 gram beras ketan putih, rendam dengan air selama satu jam

-300 mililiter santan dari 1/2 buah kelapa

-1 sdt garam

-100 gram gula pasir

-500 gram mangga arum manis, kupas, ambil dagingnya dan iris memanjang


Saus


-300 gram daging mangga arum manis

-150 mililiter santan kelapa

-3 lembar daun pandang, potong-potong

-1/4 sdt garam

-1 sdm gula pasir

-1/4 sdt pewarna makanan kuning, bila perlu


Cara membuat


1. Cuci beras ketan, tiriskan. Kukus ketan selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Angkat dan pindahkan ketan ke dalam wadah berukuran sedang.


2. Masak santan, garam dan gula di dalam panci hingga mendidih. Angkat dan tuangkan santan panas di atas ketan, aduk rata hingga santan terserap oleh ketan. Tutup wadah, sisihkan.


3. Untuk membuat saus, masukkan daging mangga ke dalam blender dan proses hingga halus, sisihkan. Masak santan bersama daun pandan, garam, gula pasir dan aduk hingga mendidih. Tambahkan pewarna, aduk rata. Masukkan mangga halus, aduk hingga rata dan angkat.


4. Cara menyajikannya adalah dengan meletakkan ketan di atas piring saji dan siram dengan saus mangga. Tambahkan potongan mangga di atasnya.


*Untuk 4 porsi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya