Studi: Tidur Kurang dari Enam Jam Pertinggi Risiko Flu

Matikan lampu saat tidur, solusi usir badan pegal di pagi hari
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ini Bisa Terjadi Jika Remaja Kurang Tidur
- Selain menjaga pola makan dan pola gerak tubuh, menjaga keoptimalan pola tidur juga memiliki andil yang besar dalam menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, tidur yang cukup terbukti bisa mengoptimalkan kesehatan badan.

Peneliti Ungkap Bahaya Kurang Tidur Sama Seperti Mabuk

Baca juga:
Flu Burung Merebak, Ini Cara Sederhana Menangkalnya


Sebuah penelitian di Amerika Serikat berhasil membuktikan bahwa durasi tidur memiliki peran yang penting dalam penyebaran virus flu. "Kami meneliti 164 sukarelawan, dengan cara memberikannya sejenis virus bernama rhino virus yang bisa mendatangkan flu," ujar salah satu peneliti. 


Setelah penelitian dilakukan, BBC melansir hasilnya menunjukkan bahwa orang yang memiliki waktu tidur lebih dari enam jam, terbukti dapat menangkal virus tersebut, dan pulih dengan cepat, sedangkan yang tidur kurang dari enam jam terbukti lebih sensitif terhadap virus flu tersebut.


Selain durasi, kualitas dari tidur setiap malamnya juga menentukan kekuatan tubuh terhadap serangan penyakit. "Kualitas tidur yang baik, dapat mengendalikan stres dan membuat tubuh lebih bugar. Seperti tidur siang, yang bisa menyegarkan kembali tubuh yang lelah karena menjalani kegiatan," ujar Dr Aric Prather, dari University of California San Francisco.


Selain dapat meningkatkan kerentanan tubuh terhadap penyakit flu, kurang tidur juga bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan lain, seperti depresi, insomnia, hingga obesitas yang membahayakan masa depan. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya