Semarak Perayaan Imlek, Warna-warni Lampion Hiasi Solo

Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq/ Solo

VIVA.co.id - Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2567, Solo bersolek. Sekitar 4.000 warna-warni lampion terpasang di area pecinan Pasar Gede, Solo. Tak hanya itu, untuk menyemarakkan suasana Imlek, boneka replika 12 shio juga terpasang di kawasan itu.

Ketua Panitia Imlek Bersama Kota Solo tahun 2016, Sumartono Hadinoto menjelaskan, 4.000 lampion terpasang mulai 27 Januari hingga perayaan Cap Go Meh pada Februari 2016. Sebanyak 4.000 lampion itu terpasang di kawasan Pasar Gede, mulai Jalan RE Martadinata dan Urip Sumoharjo.

"Selain lampion, ada juga 12 replika boneka shio‎. Replika boneka ini terpasang di kawasan Jenderal Sudirman. Termasuk shio tahun ini, kera api. Pemasangan shio ini terinspirasi dari Singapura, " kata Sumartono di Solo, Sabtu, 7 Februari 2016.

Menariknya, lampion ini secara khusus dibeli dari Tiongkok. Panitia membeli lampion sebanyak 10.000 sejak Imlek tahun lalu. "Beberapa tahun lalu, lampion dibeli dari Jakarta. Tapi, mulai tahun kemarin, kami beli sebanyak10.000 lampion," ujarnya.

Dengan adanya ribuan lampion ini, area pecinan ini pun menjadi titik spot swa foto alias foto selfie. Sejak lampion ini terpasang, ratusan masyarakat menjejali kawasan ini mulai pukul 18.00 WIB hingga 00.00 WIB.  Mereka hendak mengambil foto atau swa foto dengan latar ribuan lampion.

Peringatan Imlek Terbesar di Indonesia Digelar
Ilustrasi festival Cap Go Meh

Ribuan Warga Rayakan Cap Go Meh di Glodok

Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dari perayaan Tahun Baru Imlek.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2016