VIVA.co.id

HOME > BERITA

McGregor Vs Mayweather, De Javu Guyonan Muhammad Ali

Oleh : Satria Permana|| Jumat, 16 Juni 2017 | 02:02 WIB
McGregor Vs Mayweather, De Javu Guyonan Muhammad Ali
Duel Muhammad Ali versus Antonio Inoki, 26 Juni 1976 di Nippon Budokan Arena (Irish Times)

VIVA.co.id – Pertarungan lintas disiplin beladiri akan digelar pada 26 Agustus 2017 mendatang. Petarung mixed martial arts papan atas, Conor McGregor, bakal berduel dengan petinju kawakan Amerika Serikat, Floyd Mayweather Jr, di T-Mobile Arena, Las Vegas.

Ini duel yang paling dinantikan pada 2017. Publik tentunya penasaran, siapa yang lebih hebat di antara kedua bintang beladiri ini.

Laga lintas beladiri antara McGregor vs Mayweather ternyata bukan yang pertama kalinya. Pada 26 Juni 1976 silam, dikutip dari berbagai sumber, petinju legendaris Muhammad Ali sempat melakoni pertarungan serupa.

Kala itu, Ali harus berduel dengan pegulat profesional Jepang, Antonio Inoki, di Nippon Budokan Arena, Tokyo.

Duel tersebut bisa terselenggara ketika Ali, pada April 1975 silam, hadir dalam sebuah acara yang menghadirkan Presiden Gulat Amatir Jepang kala itu, Ichiro Hatta. Ali pun dengan sombongnya menantang pegulat Jepang terbaik ketika itu.

"Apakah ada petarung oriental yang mau melawan saya? Saya akan memberikan US$1 juta jika dia berhasil menang lawan saya," kata Ali.

Entah itu guyonan atau bukan, tapi ucapan Ali membuat Ichiro sedikit mengernyitkan dahi. Ucapan Ali akhirnya dikabulkan olehnya.

Dia menyodorkan Inoki untuk menjadi lawan Ali. Saat sesi konferensi pers, Inoki pun menyinggung ucapan Ali. Dia mengaku dibuat kesal dengan pernyataan Ali.

"Saya tak tahu seberapa serius sosok Muhammad Ali saat bertarung nanti. Tapi, jika dia tak serius saat berduel, pasti akan cedera parah. Saya akan datang ke sana untuk bertarung serius. Mungkin, lengannya akan saya patahkan," tegas Inoki dilansir Guardian.

Akhirnya, perwakilan Ali, Inoki, dan dewan wasit, berkumpul bersama. Mereka membahas mengenai peraturan pertarungan.

Di sini, terjadi negosiasi yang sangat alot. Kubu Ali meminta agar pertarungan tak mengizinkan tendangan, tekel, atau bantingan.

Lalu, pihak Inoki meminta agar Ali tak melepaskan tinju. Tarik ulur sempat terjadi. Hingga akhirnya, wasit Gene LeBell memberikan jalan keluar yang adil. Tak ada batasan serangan antara keduanya.


Selanjutnya... Penonton Kecewa

BERITA Terkait
BERITA Lainnya
KOMENTARI ARTIKEL INI
img-char
    BERITA TERPOPULER

    FOTO Terpopuler
    VIDEO Terpopuler