Bentrok Brimob dengan Petani

Aktivis Petani Mogok Makan

VIVAnews -- Seorang aktivis Serikat Tani Riau mogok makan. Ini bentuk protes terhadap aksi Brimob menyerang petani yang bersengketa dengan PT Arara Abadi.

Aksi mogok makan ini dilakukan Ahmad Hambali seorang mahasiswa Universitas Islam Riau di halaman Gedung DPRD Riau, Pekanbaru. Aktivis ini mogok makan dengan mendirikan tenda darurat.

“Malah pihak perusahaan meminta bantuan Polda Riau untuk menggusur warga," kata Ahmad kepada VIVAnews, Kamis 25 Desember 2008. "Aksi mogok makan ini akan berlangsung sampai 2009. Saya akan mogok makan selama lima hari kedepan."

Kasus ini bermula dari sengketa antara petani dan Arara Abadi. Masing-masing mengklaim sebagai pemegang hak yang sah pada lahan 4000 hektar di kecamatan Pinggir, Bengkalis. Warga menyebut lahan itu adalah hak ulayat, adapaun Arara Abadi mengatakan memperolehnya sudah sesuai aturan.

Dua tahun bersengketa tanpa penyelesaian, akhirnya petani menduduki lahan itu.  Dalam proses sengketa, Arara Abadi mengadu ke Polda Riau. Hingga kemudian datanglah 400 Brimob ke lokasi  pada 18 Desember 2008.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Sejumlah petani menyebutkan, polisi memaksa warga hengkang dengan cara membakar 300 rumah penduduk. Bahkan, kini telah beredar di Riau video bentrok Brimob dengan petani.

Tapi Kepala Bidang Humas Polda Riau, Ajun Komisaris Besar Zulkifli kepada media menyebut tidak ada bentrok. Malah polisi mengklaim, dua anggotanya terluka terkena lemparan batu. Dituduh kelompok petanio sebagai pelakunya.

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh


Polda Riau juga membantah membakar 300 rumah penduduk. Polisi bilang yang mereka rubuhkan hanya gubuk.  Malah dalam kasus bentrok ini, Polda Riau menetapkan 70 petani sebagai tersangka. Dan sampai saat ini masih berada dalam tahanan Polres Bengkalis.
 
Laporan : Hafiz Hasian | Riau

VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024