Liburan Akhir Tahun

Ajak Si Kecil Berlibur ke Museum

VIVAnews - Jangan hanya berenang, atau pergi ke mal, Anda bisa mengajak buah hati berlibur menyusuri museum. Melihat warisan budaya, menonton pertunjukannya, ataupun berkunjung ke lokasi penyimpanan artefak-artefak kuno itu, sungguh merupakan ajang wisata menyenangkan. Berikut ini beberapa lokasi heritage yang sayang untuk dilewatkan bersama si kecil.

- Kota Tua Jakarta
Kota Jakarta yang dibangun Fatahillah pada tahun 1525, masih menyisakan ‘sejumput’ warisan masa lalu, berupa bangunan-bangunan  tua dari masa Belanda berkuasa. Bangunan-bangunan itu, walau sudah berubah fungsi, masih tegak di utara kota dekat pelabuhan lama; Sunda Kelapa. Jika tak hendak jalan kaki, Anda dan si kecil bisa mencoba memanfaatkan jasa ojek sepeda yang banyak beroperasi di area itu, untuk santai dan melihat-lihat dari satu gedung ke gedung lainnya.

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Di sekitar itu, Anda juga bisa menyambangi Museum Fatahillah di Jl. Fatahillah 1 Jakarta Barat. Ajak si kecil mengenali bagaimana tentara Kompeni menyiksa tahanan  tempo doeloe. Ruang-ruang tahanan itu bisa Anda berdua saksikan di sini. Juga Si Jagur, meriam tua asal Portugis. Buka tiap hari, kecuali Senin, pukul 09.00 – 17.00, Rp500/orang. Oya, ada café bernuansa masa lampau di salah satu sudut museum ini!

- Museum Wayang
Ragam rupa boneka wayang (dari bahan kayu, kulit, dll) Indonesia dan mancanegara bisa disaksikan di museum yang berlokasi di Jl. Pintu Besar Utara No.27, Jakarta Barat. Buka tiap hari, kecuali Senin, pukul 09.00 – 17.00. WIB. Tiket Rp2.000. Sejak tahun lalu, tiap hari Minggu, pukul 10.00 – 12.00, dipertunjukkan seni wayang dari berbagai daerah. Gratis.

- Museum Bahari
Bentuk-bentuk perahu tradisional Indonesia bisa disaksikan di lokasi yang bertempat di Jl. Pasar Ikan No.1 Jakarta Utara ini. Juga catatan awal dari sejarah dunia maritim Indonesia. Buka tiap hari, kecuali Senin, 09.00 – 17.00 WIB. Tiket Rp2.000.

- Museum Bank Indonesia
Masih di Jl Pintu Besar Utara, cuma beberapa puluh langkah di selatan Museum Wayang dan Museum Fatahillah, terdapat Museum Bank Indonesia. Di gedung yang kini kerap dijadikan tempat untuk pameran seni inilah Anda berdua bisa melihat-lihat, dan ‘mengenang’, bagaimana sebuah bank dimasa lalu beroperasi. Buka tiap Sabtu dan Minggu, pukul 10.00 – 14.00. Gratis!

- Museum Seni Rupa dan Keramik
Ingin tahu karya-karya masa lalu dari khasanah seni rupa (lukisan, patung) dan keramik Indonesia? Museum yang terletak di Jl. Pos Kota No.2 Jakarta barat ini juga menampilkan karya seniman Indonesia modern. Buka tiap hari, kecuali Senin, pukul 09.00 – 15.00. Rp2.000/orang.

- Museum Tumbuhan
Museum tumbuhan tropis paling lengkap di dunia itu dibangun Reinward, ahli botani asal Jerman pada tahun 1817, di atas areal 87 hektar yang dulunya merupakan bekas areal Samida (hutan buatan). Ragam rumbuhan bisa disaksikan di kawasan yang terletak di  Jl. Ir. H. Juanda No.1 Bogor ini, bahkan juga pohon lipstik dan cocacola.

Saksikan tayangan audio-visual sebelum berkeliling melihat-lihat, dan ada baiknya memanfaatkan jasa guide profesional yang tersedia. Buka tiap hari, Selasa – Minggu, 08.00 – 17.00 WIB, Rp 5000/orang.

- Museum Zoologi
Mumpung masih di Bogor, jangan lupa untuk mengunjungi Museum Zoologi yang terletak persis di sebelah pintu masuk Kebun Raya Bogor, dimana tersimpan ragam contoh (bentuk awetan, sampel belulang ataupun foto) ragam hewan Indonesia. Buka tiap hari, kecuali Senin, dari 08.00 – 16.00. Rp 2500/orang.

Tips: Lakukan awal perjalanan pada pukul 08.00 WIB saat matahari belum terlampau terik. Kenakan pakaian santai dan bersepatu kets. Jangan lupa payung, kacamata penahan sinar matahari (plus tentunya krim matahari), payung ataupun topi, dan bekal air mineral dan snack.

Ayah dari King Nassar, Ahmad Hasan Sungkar

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari pedangdut Nassar Sungkar atau King Nassar. Ayahanda Nassar, Ahmad Hasan Sungkar meninggal dunia pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024