Pembajakan Karya Cipta

Foto Pribadi di Internet Dibajak Jadi Iklan

VIVAnews - Foto pribadi yang kita simpan maupun yang dikirim kepada kerabat dan teman lewat internet ternyata bisa dimanfaatkan oleh pihak lain untuk mengeruk keuntungan. Bahkan situasi itu terjadi tanpa sepengetahuan si pemilik, seperti yang dialami suatu keluarga di Amerika Serikat (AS).

Danielle Smith tak menyangka bahwa foto dia dan keluarga ternyata menjadi pajangan iklan di kota Praha, Republik Ceko. Smith, Rabu 10 Juni 2009, mengungkapkan membuat bahwa foto keluarga itu dibuat pada Liburan Natal tahun lalu.

Foto dia bersama suami dan kedua anak mereka itu lantas digandakan dan dikirim sebagai kartu pos kepada kerabat dan teman-teman. Tak hanya itu, Smith juga memajang foto keluarga di blog dan di beberapa laman jejaring sosial. Foto itu menampilkan Smith dan suaminya Jeff sedang menggendong dua anak mereka.

Sekitar 10 hari lalu, salah seorang rekan kuliah Smith sedang berkendara melewati Praha saat dia tidak sengaja melihat gambar orang tersenyum lebar tertempel di jendela sebuah toko yang khusus menjual makanan Eropa.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Dia memotret gambar itu dan mengirimkannya ke Smith yang dibikin kaget. "Foto itu adalah foto di jendela toko makanan di Praha, foto Natal saya!" kata Smith, 36 tahun, yang tinggal di St. Louis,  Missouri, AS.

Mario Bertuccio, pemilik toko makanan "Grazie" di Praha, mengatakan, foto itu berasal dari internet, dengan sedikit informasi. Namun dia mengira foto itu adalah bikinan komputer. Ketika diberi tahu kalau itu adalah foto asli dari sebuah keluarga di Amerika, Bertuccio berjanji akan mengganti foto iklan itu.

"Kami akan sangat senang meminta maaf melalui email," kata Bertuccio yang mengatakan akan mengirimkan sebotol minuman anggur berkualitas baik kepada keluarga Smith sebagai kompensasi jika mereka tinggal di negara Eropa timur.

Keluarga Smith dan fotografer Gina Kelly tidak memberi wewenang kepada siapapun untuk menggunakan foto itu. Kelly mengatakan, dia telah meminta organisasi fotografer internasional untuk membantu menemukan penyebab foto yang dia ambil terpasang di Praha.

Foto keluarga Smith

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Foto Danielle Smith dan keluarga yang dibuat Desember 2008 (AP Photo)

Smith mendapat 180.000 komentar di laman internetnya sejak dia mem-posting kisah tentang foto keluarga yang dia ambil di Praha. Dia mengatakan kalau foto itu tidak disalahgunakan, hanya dimanfaatkan untuk memberitahukan kepada para calon pembeli tentang pelayanan antar toko bersangkutan.

Smith mengatakan, lain kali kalau dia akan memuat foto di internet, dia akan menggunakan resolusi lebih rendah atau menambahkan tanda khusus agar tidak gampang direproduksi. "Kisah ini tidak menakuti saya, tetapi punya potensi untuk menakuti saya," kata Smith. (AP)

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan
Emil Audero Mulyadi rayakan Scudetto Inter Milan

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

 Inter Milan sukses memastikan diri merebut Scudetto Serie A yang ke-20. Ternyata, ada 'orang Indonesia' yang ikut membantu La Beneamata merebut bintang kedua.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024