Debat Calon Presiden 2009

SBY Siap Terbitkan Perpu Pengadilan Korupsi

VIVAnews - Calon presiden 2009-2014, Susilo Bambang Yudhoyono, menyatakan akan memperjuangkan pengesahan Rancangan Undang-undang Pengadilan TindakĀ  Pidana Korupsi. Jika Dewan Perwakilan Rakyat periode 2004-2009 gagal melahirkan UU Pengadilan Korupsi, SBY siap menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang tentang itu.

"Berkaitan dengan itu, sesungguhnya dalam kapasitas saya sebagai presiden telah berkonsultasi dengan pimpinan DPR agar dalam masa sidang ini bisa disahkan," kata SBY dalam Debat Calon Presiden 2009 yang ditayangkan langsung oleh tiga stasiun televisi swasta, 18 Juni 2009.

"Saya masih melihat peluang untuk itu, untuk masa bakti ini. Andaikata tidak selesai, presiden memiliki kewenangan untuk mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang. Tapi ingat, Perpu keluar untuk hal ihwal kegentingan yuang luar biasa. Tak bisa sedikit keluar, sedikit keluar," kata SBY.

Jadi, solusinya, kata SBY, pemerintah sekarang akan mendesak DPR segera menerbitkan UU Pengadilan Korupsi. "Apabila tidak, Presiden ada resource, ada alat di tangan presiden untuk mengeluarkan Perpu. Bila Perpu ini keluar, maka bisa seperti Undang-undang," ujar SBY kemudian disambut tepuk tangan pemirsa debat di studio TransCorp, Jakarta.

Sementara calon presiden Jusuf Kalla menyatakan karena saat ini presidennya adalah Susilo Bambang Yudhoyono, maka itu menjadi tanggung jawab pemerintahan sekarang. "Itu menjadi tanggung jawab pemerintahan yang sekarang. Jadi saya setuju (dengan SBY)," kata JK.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

UU Pengadilan Korupsi dibutuhkan karena putusan Mahkamah Konstitusi menyatakan usia pengadilan yang ada sekarang hanya sampai Desember 2009. Saat ini RUU Pengadilan Korupsi masih dalam tahap pembahasan di parlemen, sementara masa bakti DPR 2004-2009 ini habis per September 2009 ini.

arfi.bambani@vivanews.com

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024