Debat Marketing Antar Mahasiswa di PMDC 2014

Gala dinner acara Perbanas Marketing Debate Competition (PMDC).
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Perbanas Marketing Debate Competition (PMDC) adalah ajang tahunan berskala nasional, yang diadakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (HMPSM) Perbanas Institute. PMDC ini mulai diselengarakan sejak tahun 2005, sebagai wahana pelatihan dan kesempatan aktualisasi diri bagi mahasiswa khususnya di bidang marketing.

Ajang lomba ini mulai membuka pendaftaran dari tanggal 1 Mei 2014 sampai dengan 22  Juni 2014, dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kompetisi ini berperan membangun jaringan serta menunjang kebutuhan mahasiswa untuk mengasah kemampuan analisa, kreasi, dan inovasi dalam dunia marketing. Para kontestan di sini berlomba lomba agar tim dari universitasnya menjadi yang terbaik dalam lomba ini, tidak jarang sering terjadi persaingan yang sangat seru antar universitas.

Tahun ini, dengan bangga kami mempersembahkan PMDC ke-10 yang mengusung tema, Smart Digital Marketing "On becoming a Smart Marketer In The Smart Digital Era." Para peserta PMDC sangat antusias untuk mengikuti Debat Competition, karena para peserta dapat mewakili dan mengharumkan nama baik Universitas mereka masing-masing. Selain itu, mereka juga mendapatkan banyak pengalaman yang nantinya akan bermanfaat untuk meningkatan skill, berkontribusi dengan baik, serta siap terjun langsung dalam dunia online business marketing, dan memahami  isu-isu terbaru pada tema kali ini. Acara PMDC ini memberikan total hadiah sebesar Rp25.550.000.

Acara PMDC diselenggarakan pada tanggal 24,25, dan 26 Juni 2014. Pukul 08.00 WIB – 19.00 WIB. Bertempat di Auditorium Perbanas Unit III Lantai 1 dan Ruang Seminar Unit V Lantai 6. Perserta yang bertanding dalam acara The 10th PMDC diikuti oleh 27 Tim terdiri dari Universitas Indonesia (3 tim), STIE Bank BPD Jateng (2 tim), STIE GICI Business School  (2 tim), Universitas Muhammadiyah Malang, UPN Veteran Yogyakarta (2 tim), Perbanas Institute, KPA-APP Jakarta (2 tim), Swiss Germany University, Universitas Hasanudin, Universitas Tadulako, Universitas Katolik Widya Mandala (2 tim), Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (2 tim), Atmajaya Jakarta, Telkom University (3 tim), Universitas Jendral Soedirman.

Acara PMDC tepatnya hari selasa Tanggal 24 Juni 2014, dibuka sangat meriah oleh performance Perbanas Institute Choir (PIC) dengan hikmat oleh para peserta, panitia dan juri pun ikut serta menyanyikan lagu Indonesia Raya, Tanah Airku, dan Sigulempong, selanjutnya sambutan Ketua Pelaksana oleh Wulan Julian Sutisma, Sambutan Ketua HMPSM oleh Alif Aldino, yang terakhir sambutan Purek Akademik oleh Bpk Acong Dewantoro dan disertai dengan pembukaan dan pemukulan Gong tanda dimulainya acara.

Selanjutnya Debate Competition dimulai pukul 09.00 WIB yang diikuti oleh 27 team dan terdiri dari 3 juri yaitu Juri Akademik oleh Dr. H. Bahtiar Usman, MM (Dosen Tetap Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti) dan Bpk Drs. Nobelson M.M (Rektor kepala tenaga edukatif  Fakultas Ekonomi UPN Veteran Jakarta), Juri Legalitas oleh Cassandra Etania Liem (On that Point) dan Aryo Moedanton (On That Point), Juri Praktisi oleh Daniel Yudhistira S.T (Program Development Analyst MarkPlus Institute) dan Rakhmi Anissawaty (Analyst MarkPlus Institute). Serta dihibur oleh Stand Up Commedy oleh David Nurbianto

Hari kedua tanggal 25 Juni 2014, diikuti oleh 26 team dari Universitas yang sama di hari pertama dan terdiri dari 3 juri yang berbeda dari hari pertama yaitu Juri Akademik oleh Bpk Dr. Iyus Wiyadi S.E, MPA dan Bpk Drs. Nobelson M.M (Rektor Kepala Tenaga Edukatif  Fakultas Ekonomi UPN Veteran Jakarta), Juri Legalitas oleh Cassandra Etania Liem (On That Point) dan Melda Frisca (On That Point)  dan Juri Praktisi oleh Irviene Maretha (Program Development Analyst MarkPlus Institute), dan Marisqa Debora (Program Development Analyst MarkPlus Institute).

Pengumuman untuk perempat final ditempati oleh 8 besar Universitas dengan urutan peringkat yaitu Univesitas Indonesia team3, UIN Malang team1, Telkom University team1, Universitas Katolik Widya Mandala team1, Univesitas Indonesia team1, Perbanas Institute, Univesitas Indonesia team2, Universitas Jendral Soedirman.

Nah konsep terbaru di hari kedua 25 Juni 2014 dalam acara PMDC ini, yaitu ada Conference dan Gala dinner yang dimulai pukul 19.00 WIB. Acara conference ini bersifat seperti seminar dengan speaker 1 oleh Rakhmi Anissawaty (Analyst MarkPlus Institute), dengan materi Personal Branding dan speaker 2 oleh Aryo Moedanton  (On That Point Institute of Artistic Speaking) dengan materi Monroe’s Motivated Sequence. Konsep gala dinner ini untuk menjamu para tamu, juri dan peserta, sehingga mereka bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman antara satu sama yang lain dan dihibur oleh performance dari LED dancer.

Hari Terakhir tanggal 26 Juni 2014, adalah Semi Final pertandingan 4 tim terdiri dari Universitas Indonesia (3 tim) dan Telkom University (1 tim) dan terdiri 3 Juri yaitu Juri Akademik oleh Bpk Dr. Iyus Wiyadi S.E, MPA, Juri Legalitas oleh Bryan Gunawan (Chief Executive Officier On That Point Institute of Artistic Speaking), dan Juri Praktisi oleh Fitri Indah Kuwaratiwi (Program Development Consultant Mark Plus Institute).

Suasananya pun sangat kondusif dan berjalan sangat fair. Pukul 17.00 adalah waktu yang ditunggu-tunggu untuk pengumuman pemenang Debate Competition se-Nasional yaitu Juara 1 dari Universitas Indonesia tim 3, Juara 2 dari Telkom University tim 1, Juara 3 dari Universitas Indonesia tim 2 dan Juara 4 dari Universitas Indonesia tim 1, Serta Best Speaker Albert Santoso dari Universitas team 1.

Seru sekali acara The 10th PMDC tahun ini. Masih ragu untuk jadi peserta debat tahun 2015? Tak perlu takut, banyak peserta yang masih belajar debate di sini, jadi buat kalian yang ingin menambah pengalaman, teman dan pengetahuan yang lebih banyak, Ayo daftarkan diri untuk mewakili Universitas kalian di tahun 2015 dalam acara The 11th PMDC!

Bertemu Prabowo, Gibran Ngaku Bahas Peluang Koalisi dengan PDIP

Acara PMDC ini di sponsori oleh : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, PT. Bank DKI, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.  Dan didukung oleh Bantex, 7-Eleven, Gatsby, Pixy.

Harga daging sapi di Pasar Induk Pringsewu Lampung

Daftar Harga Pangan 16 April 2024: Beras hingga Daging Turun

Harga komoditas pangan mayoritas mengalami penurunan usai libur Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024