Deutsche Welle Global Media Forum

VIVAnews - Global Media Forum ke-2 yang diselenggarakan oleh Deutsche Welle diselenggarakan di bekas ibukota Jerman, Bonn. Suasana internasional terlihat di sini, karena dihadiri banyak tamu dari banyak negara di dunia. Acara yang berlangsung tanggal 3-5 Juni 2009 tersebut bertempat di World Conference Center (WCC) Bonn, Jerman, yang dahulu sempat menjadi kantor parlemen Jerman.

Tema yang diangkat tahun ini adalah “Conflict Prevention in the Multimedia Age.” Dunia jurnalisme kini mengalami transisi, karena suatu hal yang dianggap sebagai berita tak lagi dikuasai oleh media-media tradisional seperti koran, televisi, atau radio. Kini semua orang bisa menjadi reporter, dengan memanfaatkan beragam media baru. Blog Voice of Africa, misalnya memberdayakan warga dengan melakukan reportase melalui telepon genggam.

 Seorang blogger di Iran memanfaatkan blognya untuk membangun aksi sosial pembebasan ketiga rekannya yang kini ditahan karena terlalu bebas berekspresi. Para pengguna Twitter di Amerika Serikat memanfaatkan microblogging populer itu untuk melakukan reportase cepat saat badai Katrina melanda. Beragam media baru, dari SMS, Facebook, blog, Twitter bisa dimanfaatkan untuk mempercepat komunikasi dan membangun interaksi sosial dengan cepat.

Di hari kedua acara ini (4 Juni 2009), tepat pukul 18.15 waktu setempat (di Indonesia berarti pukul 23.15), sebagai salah satu bagian dari puncak acara hari itu, diselenggarakan pula seremoni penyerahan hadiah The BOBS Award (thebobs.com), kompetisi blog internasional yang sempat diumumkan di akhir tahun 2008 kemarin. Ada kategori Best Weblog, Reporters Without Borders, Best Podcast, Best Videoblog, dan 10 Best Weblog kategori bahasa (salah satunya Bahasa Indonesia). Pada The BOBS Award 2008 kemarin, Pitra Satvika, pemilik blog media-ide.com memenangkan kategori Best Weblog Bahasa Indonesia. 

Seremoni penghargaan diberikan dengan diikuti tanya jawab antara pembawa acara dan setiap peserta. Pada kesempatan ini, tidak semua pemenang bisa datang. Blogger dari China yang memenangkan Best Weblog Reporters Without Borders, Zeng Jinyan, serta pemenang utama Best Weblog, Yoani Sanchez dari Kuba berhalangan datang, karena tak diizinkan keluar oleh negara mereka masing-masing.

Untuk informasi URL lainnya silakan kunjungi:
- thebobs.com
- dw-world.de
- dw-gmf.de
- twitter.com/dw_gmf
- soundcloud.com/dwgmf
- training.dw-world.de/gmf
- flickr.com/photos/deutschewelle

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024