Pentingnya Mengucapkan Terima Kasih

Makna Terima Kasih
Sumber :

VIVA.co.id - Pernahkah kalian menghitung sudah berapa banyak kamu mengucapkan terima kasih pada hari ini? Atau ingatkah kita pada siapa saja kita mengucapkan terima kasih dan dalam rangka apa saja? Mungkin sebagian dari kita tidak sadar sudah berapa banyak kita mengucapkan terima kasih dan pada siapa saja kita mengucapkannya.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Entah itu karena kita ternyata sudah mengucapkan terima kasih secara tidak sadar, atau justru yang lebih parah masih ada di antara kita yang masih jarang untuk mengucapkan terima kasih kepada orang lain. Padahal seperti yang kita ketahui, penting sekali budaya mengucapkan terima kasih dalam kehidupan sehari-hari kita. Terkadang banyak dari kita yang tidak menyadari apa saja fungsi dari sebuah ucapan terima kasih itu sendiri.

Pertama, yang paling jelas terlihat ialah terima kasih berfungsi untuk menunjukkan apresiasi kita atas apa yang dilakukan oleh orang lain. Terkadang banyak hal simple yang dilakukan oleh orang lain tapi secara kita tidak sadari dampaknya nyata terhadap kita walaupun hanya sedikit. Contohnya, mengucapkan terima kasih kepada pelayan yang mengantarkan makanan atau minuman Anda.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Mungkin Anda akan berpikir jelas itu adalah pekerjaannya namun pernahkah kita sadari bahwa tanpa mereka makanan kita tidak akan pernah sampai ke meja kita? Itulah mengapa penting untuk mengapresiasi apapun yang dikerjakan oleh orang lain untuk kita, karena kita manusia sebenarnya saling membutuhkan satu sama lain.

Yang kedua ialah terima kasih menjadi jembatan penyambung keakraban dan silaturahmi di antara sesama. Pernahkah anda mengucapkan terima kasih kepada seseorang secara rutin, kemudian lama kelamaan orang tersebut menjadi baik hingga akrab dengan kalian? Terima kasih terkadang dapat menjadi jembatan yang mengakrabkan kita dengan orang lain. Misalnya saja, ketika kita mengucapkan terima kasih kepada teman baru kita yang memberikan informasi tentang tugas untuk esok hari. Dari ucapan terima kasih tersebut secara tidak kita sadari akan menimbulkan impresi yang baik terhadap kita dan membuat orang lain akan membuka dirinya dan membuka ruang untuk pengakraban dengan kita.

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Yang ketiga sekaligus yang terakhir ialah terima kasih menambah nilai positif bagi setiap orang yang mengucapkannya. Tidak jarang orang di terima dalam suatu perusahaan atau organisasi karena mengucapkan "terima kasih", entah atas kesempatan yang diberikan atau mengucapkannya di akhir wawancara. Terima kasih menunjukkan rasa hormat serta jiwa profesionalitas kita yang dapat menghargai sesama maupun seseorang yang berada di atas kita.

Tak jarang seseorang yang pintar namun tidak membudayakan terima kasih dalam kehidupannya, akan sulit mendapatkan pekerjaan atau bahkan teman, karena ia dianggap kurang bisa menghormati orang lain. Jadi, ketiga alasan tersebut merupakan alasan yang penting mengapa wajib bagi kita untuk selalu membudayakan mengucapkan terima kasih kepada siapapun yang membantu kita.

Karena tanpa kita sadari, terima kasih sekecil apapun memiliki makna yang luar biasa bagi orang yang menerima ucapan terima kasih tersebut. So, sudahkah kamu mengucapkan terima kasih hari ini? (Cerita ini dikirim oleh Fadil Nugi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya