Suka Duka saat Ikut Bermain Teater

Pertunjukan Teater.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Banyak alasan buat saya kenapa setiap diajak main teater, selalu saya tolak. Pertama, saya bukan tipe orang yang suka tampil. Kedua, saya enggak terlalu nyaman jadi sorotan. Ketiga, saya lebih suka berada di belakang layar, dan keempat saya punya sindrom demam panggung.

Usai Didiagnosis Sindrom Penyakit Langka, Celine Dion Pertimbangkan Kembali ke Dunia Tarik Suara

Seingat saya, saya kena sindrom ini sejak awal tahun 2012. Kalau saya sudah kena sindrom ini, maka mendadak saya bisa menjadi gagap. Kalau sudah gagap, ngomong "Perkenalkan nama saya Stefanus Sani" saja bisa menjadi, "Per...ke...nalll...kaaaannn nnnaaaa...maaaaa sa...ya...Stef...anus...san...iiiiiii".

Saya percaya banget kalau saya kena "penyakit" gagap ini karena karma buat perbuatan saya. Dulu waktu SMP, teman sebangku saya si Bernard, anaknya gagap parah dan sering saya ejek. Eh, beberapa tahun kemudian malahan saya yang sekarang ketularan gagap. Waktu saya ceritakan hal ini kepada kakak dan beberapa teman saya, tidak ada satupun dari mereka yang percaya kalau saya bisa jadi orang gagap kalau lagi kena sindrom demam panggung.

Sosok Gadis Cantik Pemeran Suki di Serial Avatar: The Last Airbender

Jelas mereka enggak percaya, karena saya memang tidak punya riwayat gagap. Dan saat di kelas atau sedang di forum resmi, saya termasuk orang yang berani buat ngomong, kasih kritikkan, atau berdebat. Tapi setiap ada ajakkan main teater, pasti saya tolak. Biar kata orang saya jago berakting, tapi tetap saja saya tolak. Bukan apa-apa, saya takut pas lagi di atas panggung, sindrom demam panggung saya ini muncul dan mengacaukan semuanya.

Dari ingatan saya yang lumayan baik ini (sebelum saya kena sindrom demam panggung), saya sudah beberapa kali ikutan teater. Teater pertama saya itu waktu masih TK Kecil. Saya dapat peran sebagai pembantu raja. Entah kenapa, saya yang berperan sebagai pembantu dan teman saya si Yohanes yang kebagian peran menjadi raja. Padahal menurut saya, saya lebih cakep dibanding si Yohanes. Scene saya enggak sampai satu menit.

Viral Aksi Remaja Joget Sensual di Panggung Madrasah Pasuruan, Tuai Kecaman Warganet

Jadi, nanti ada adegan teman saya si raja manggil, "pelayan!". Begitu mendengar dipanggil, saya langsung berlari dari belakang panggung (dengan penampilan ala pelayan, pake peci dan bawa lap tangan) dan bertanya ke raja, "Ada yang bisa saya lakukan, Tuan Raja?" Saya ingat banget, ketika saya keluar dari belakang panggung dan berpakaian ala pelayan semua penonton yang kebanyakkan orangtua murid langsung tertawa ngakak. Entah tertawa karena saya memang mirip pembantu atau apalah.

Ironisnya, setelah saya berperan sebagai pembantu raja, sewaktu TK saya menjadi lebih dikenal sebagai "Stefanus yang berperan sebagai pembantu". Nama Stefanus ini sudah terlalu mainstream, di TK saya saja yang punya nama depan ini ada lima orang. Ada teman saya yang ngomong ke mama-nya, "Ma, tadi aku makan bareng Stefanus", Si tante pun bertanya, "Stefanus yang mana ya Nak?" "Itu ma, Stefanus yang waktu pentas teater jadi pembantu." Jadilah saat di TK saya lebih terkenal sebagai "Stefanus si pembantu".

Di Sekolah Minggu pun, saya lumayan sering main teater. Tapi entah kenapa, saya selalu kebagian peran yang 'butut'. Pernah satu kali menjelang Paskah, saya ikutan pentas teater tentang "4 Bejana". Jadi cerita teater ini tentang 4 bejana. Bejana pertama adalah bejana yang terbuat dari emas dan dikagumi oleh banyak orang. Bejana kedua adalah bejana yang terbuat dari perak dan bejana ketiga terbuat dari tembaga. Ceritanya ketiga bejana itu adalah bejana yang laku dijual. Dan kalian tahu enggak saya kebagian jadi apa? Saya kebagian jadi bejana keempat yang terbuat dari tanah liat alias bejana paling "butut".

Entah karena saya memang kalah ganteng dengan yang lain, atau ini bentuk “pembalasan” guru-guru Sekolah Minggu karena saya anaknya nakal sampai saya dijadiin bejana tanah liat. Sudah diceritain paling jelek, bejana ini juga hobinya ngeluh.

Beranjak ke SMP, saat sedang ada acara pentas teater, setiap kelas diwajibkan bikin pentas teater yang ceritanya harus diambil dari cerita-cerita di Alkitab. Saat itu kelas saya mengambil cerita "5 Gadis Pintar dan 5 Gadis Bodoh", dan dengan kejinya saya dikasih peran sebagai satu dari lima gadis bodoh. Sudah kebagian peran waria, saya dijadikan bagian dari gadis bodoh pula.

Saat itu saya di make-up tebal oleh teman cewek saya yang suka dandan. Demi teater ini, saya rela-relain pakai kemben yang sengaja diturun-turunin sampai lekukan dada saya kelihatan. Dan sekarang, entah teman-teman satu angkatan saya narsis atau memang gila tampil semua, mereka kompak mau bikin teater lagi buat Paskah bulan ini.

Begitu mendengar teman-teman pada mau bikin pentas teater, saya sih dukung banget. Tapi lutut saya mendadak jadi lemas begitu salah satu teman saya bilang, "Kak Stefanus juga harus ikutan". Bukan apa-apa, saya tuh sudah tua dan usia saya sudah jauh lebih tua dibanding teman-teman satu angkatan saya. Tapi, bisa-bisanya saya disuruh ikutan main teater. Belum lagi saya masih punya sindrom gagap itu. Saya sudah mati-matian menolak, tapi teman-teman saya memaksa kalau saya harus ikutan main.

"Kak Stefanus enggak kompak orangnya", atau "Gak ada lu, gak seru ah," dan masih banyak lagi alasan supaya saya ikutan pentas teater. Dibanding saya main teater, saya lebih memilih menjadi yang bikin skenarionya saja deh. Kalau saya yang bikin skenarionya, saya bakalan bikin karakter yang saya peranin bakalan jadi keren banget. Saya bakalan pasangin karakter saya sama cewek paling cakep satu angkatan. Siapa tahu bisa cinlok.

Tapi sayang seribu sayang, sebelum saya mengajukan diri buat bikin skenario, ternyata ada teman saya yang lain sudah bikin skenario juga dan skenario itulah yang dipilih. Saya belum tahu judulnya apa dan saya bakalan berperan sebagai apa. saya sendiri sudah wanti-wanti, saya mau ikutan asal bagian saya sedikit dan enggak banyak ngomongnya.

Hingga suatu hari ketika saya lagi duduk manis di kantin sambil menyeruput green tea, datang teman saya sambil kasih skenario teater. Sekilas pas saya baca (yang saya tangkap), inti ceritanya adalah tentang “Suara Setan dan Suara Tuhan”. Peran malaikat diisi oleh teman saya si Fani. Cocok menurut saya karena muka doi yang mirip malaikat.

Sambil baca-baca, saya tanya ke teman saya yang kasih skenario ini, "Rico, ini yang jadi setan siapa ya?". Rico enggak menjawab pertanyaan saya, dia cuma senyum-senyum sambil berlalu meninggalkan saya yang masih kebingungan. Tanpa perlu jawaban, kayaknya saya sudah tahu deh siapa yang bakalan berperan jadi si setan. (Cerita ini dikirim oleh Stefanus Sani, Bandung)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya