Mahasiswa Dorong Kaum Wanita Berani Hadapi Pelecehan Verbal

Aksi Women’s March mahasiswa President University.
Sumber :

VIVA.co.id – Menyambut momen Hari Perempuan Internasional, kelompok mahasiswa ilmu komunikasi President University turut menyuarakan isu perempuan dalam aksi Women’s March yang digelar di Jakarta. Kelompok bernama Lumiere Project ini mengangkat isu ‘catcall’ sebagai bentuk pelecehan verbal terhadap perempuan yang sering terjadi di berbagai sudut jalanan.

Tanggung Jawab dan Rekonsiliasi Masyarakat Lumban Dolok

Menurut Koordinator Lumiere Project, isu yang disuarakan ini dapat menimpa kalangan siapa saja, tidak hanya perempuan. “Catcall merupakan bentuk pelecehan secara verbal yang sering ditujukan kepada kaum perempuan bahkan laki-laki yang dianggap lemah sekalipun di tempat-tempat umum. Ini merupakan masalah yang dianggap sepele, namun berdampak negatif secara mental,” tutur Jessica pada Sabtu (4/3) di pusat aksi di Istana Negara.

“Kami ingin membuka mata masyarakat bahwa orang-orang yang mengalami pelecehan verbal ini tidak tinggal diam. Tidak perlu takut, tunjukkan keberanian, dan tetap berjalan dengan tegak, serta kuat secara fisik dan mental. Tegaskan kepada para pelaku untuk jangan macam-macam,” kata Jessica dengan tegas.

Jokowi Diminta Lerai Konflik Ketua Pramuka dengan Menpora

Pesan ‘jangan macam-macam’ menjadi jargon utama dalam kampanye Lumiere Project yang juga dilakukan secara online. Melalui tagar #JanganMacamMacam dan #StrongInsideOut di Instagram, para mahasiswa mendorong para korban catcall untuk menyuarakan perasaannya. Salah satu dosen President University yang ikut kampanye berharap agar keresahan dan aspirasi kaum perempuan semakin didengar.

“Saya senang melihat semangat perempuan bersatu. Selama ini perempuan merasa suaranya kurang didengar. Mungkin dengan bergabungnya satu, sepuluh, seratus, seribu, bahkan sejuta maka gaungnya akan lebih terasa. Sehingga yang retensi pun akan mendengar keresahan kita. Semoga tetap konsisten dengan gerakan seperti ini, tetap inspiratif dan positif,” tutur Anathasia Citra.

Bantuan untuk Pesantren Mirrozatul Lombok Barat

Kegiatan kampanye Lumiere Project ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pembelajaran public relations di program studi ilmu komunikasi President University. Yang bertujuan untuk menerapkan konsep-konsep yang telah diajarkan di dalam kelas. (Tulisan ini dikirim oleh Gabriella Ganis, President University)

Ilustrasi.

Pergilah Dinda Cintaku

Maafkan aku yang terlalu berlebihan mencintaimu.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2018