Kartini Tak Hanya di Dapur

SMAN 1 Kedungreja Cilacap memperingati Hari Kartini.
Sumber :

VIVA.co.id – Peringatan Hari Kartini di Cilacap, Jawa Tengah digelar penuh sukacita. Tak terkecuali di tiap sekolah, khususnya di wilayah Kecamatan Kedungreja. Seluruh sekolah dari tingkat dasar hingga atas, semua terpantau ikut memperingati Hari Kartini yang jatuh pada Jumat, 21 April 2017.

Ciptakan Dunia Kerja yang Inklusif Bagi Para Srikandi DJKI

Salah satunya di SMA Negeri 1 Kedungreja. Sejak Jumat pagi, seluruh siswa kelas X dan XI sudah mengenakan kostum khas Jawa. Yakni beskap ataupun surjan lengkap dengan kerisnya. Begitupun siswi perempuan, mereka menggunakan pakaian adat kebaya lengkap pula dengan aksesorinya.

Acara rutin setiap memperingati Hari Kartini tersebut juga diisi perlombaan-perlombaan yang diikuti seluruh kelas sepuluh dan sebelas. Tak cuma busananya saja yang bernuansa Jawa, perlombaannya pun demikian. Seperti pidato bahasa Jawa dan menggambar wajah RA. Kartini. Selain itu, lomba menghias makanan, merangkai bunga dan fashion show juga turut memeriahkan acara tersebut.

Agar Mudah Gapai Impian, Perempuan Wajib Miliki 3 Hal Ini

Pembina OSIS SMAN 1 Kedungreja, Muhammad Basit Nuha saat ditemui mengatakan, peringatan Hari Kartini kali ini sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh wanita di Nusantara yang telah berpartisipasi bagi kemajuan bangsa.

"Hari Kartini sebagai bentuk apresiasi terhadap emansipasi wanita yang jelas. Dan di sini juga mengingatkan kembali bahwa wanita itu sudah saatnya bisa menjadi generasi yang maju. Artinya enggak cuma untuk di dapur saja, tapi mereka harus sudah bisa menunjukkan partisipasinya bagi kemajuan bangsa dan negara," ucap Basit Nuha di sela-sela kegiatan tersebut.

Peringati Hari Kartini, Kemenbudristek Berkaca Lewat Film 3 Srikandi

Sementara di lokasi lain, Fajri An Naba, aktivis pramuka SMA Muhammadiyah Kedungreja mengaku, dalam memperingati Hari Kartini sekolahnya hanya menggelar forum untuk mengenang dan menghayati perjuangan R.A. Kartini.

"Kita hanya melakukan renungan. Renungan dalam arti kita membuat forum. Nah, di forum itu kita menghayati dan mendalami bagaimana perjuangan R.A. Kartini dalam emansipasi wanita dan perjuangan pendidikan wanita khususnya," pungkas Fajri. (Tulisan ini dikirim oleh Rachman, Cilacap)

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan elite PDIP.

Ini Alasan Megawati Usung Ganjar Capres PDIP Tepat di Hari Kartini

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusung oleh partainya. 

img_title
VIVA.co.id
21 April 2023