USAID dan Kemenag Terbitkan Buku Praktik Baik di Madrasah

Buku praktik baik.
Sumber :

VIVA.co.id – Kementerian Agama bekerjasama dengan USAID melalui program PRIORITAS atau Prioritizing Reform, Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia's Teachers, Administrators and Students menerbitkan buku praktik yang baik dalam pembelajaran, manajemen, budaya baca dan pelayanan khusus di Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah. Buku ini berisi pengalaman para guru dan kepala madrasah dalam menerapkan pembelajaran berkelas dunia di madrasah.

Pergilah Dinda Cintaku

“Di dalam buku ini ada banyak cerita praktik pembelajaran aktif yang diterapkan guru dan membuat siswa berpikir tingkat tinggi. Seperti yang dilakukan Pak Akidin, guru matematika MTsN 2 Tangerang yang mengajak siswa kelas IX membuat miniatur madrasah dalam bentuk tiga dimensi untuk menerapkan konsep kesebangunan, perbandingan senilai, pengukuran, dan bangun ruang sisi datar.

Dari pembelajaran ini, siswa bisa belajar langsung menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari,” kata Stuart Weston, Direktur Program USAID PRIORITAS saat menjelaskan isi buku praktik yang baik di madrasah tersebut, di Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Tanggung Jawab dan Rekonsiliasi Masyarakat Lumban Dolok

Pengalaman manajemen MIN Pattiro Banggae, Takalar, Sulawesi Selatan, yang diulas dalam buku ini juga patut dicontoh. Mereka menerapkan transparansi dan akuntabilitas anggaran, serta melibatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan program madrasah. Cara tersebut memantik pesatnya kemajuan pembangunan dan prestasi madrasah. Orang tua terlibat aktif dalam mendukung pengembangan madrasah. Sekarang madrasah ini menjadi pilihan favorit para orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya.

Ada juga cerita dari MIN Sumurrejo, Semarang, Jawa Tengah, yang mendirikan pondok baca sebagai pusat kendali program pembudayaan membaca setiap hari di madrasahnya. Madrasah ini berupaya membentuk ekosistem cinta membaca baik melalui keteladanan, komunitas, program pembiasaan, pembelajaran literasi, dan fasilitas membaca. Orang tua juga difasilitasi layanan membaca dan diberikan pemahaman pentingnya membaca.

Jokowi Diminta Lerai Konflik Ketua Pramuka dengan Menpora

Dampak dari program ini, kesenangan siswa membaca telah tumbuh baik. Dalam satu semester  ada siswa kelas IV, V, dan VI yang membaca lebih dari 100 buku. Seperti Rizki, siswa kelas V yang telah membaca sebanyak 152 judul buku dan mendapat penghargaan dari madrasah.

“Buku praktik yang baik ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi kabupaten/kota, guru, kepala madrasah, dan praktisi untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah,” kata Dirjen Pendidikan Islam, Kemenag, Prof. Dr. Kamaruddin Amin dalam sambutannya pada buku tersebut.

USAID PRIORITAS selama lima tahun (2012-2017) telah melatih dan mendampingi lebih dari 300 MI dan MTs mitra di tujuh provinsi. Yaitu Aceh, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan, untuk menerapkan praktik yang baik dalam pembelajaran, manajemen, dan budaya baca.

Lebih dari 3.000 madrasah telah mendiseminasikan pelatihan tersebut. Penerbitan buku ini untuk menyebarluaskan praktik-praktik yang baik di madrasah dan akan didistribusikan ke perwakilan kantor Kemenag provinsi di seluruh Indonesia. Buku ini juga dapat diunduh melalui situs www.prioritaspendidikan.org. (Tulisan ini dikirim oleh Anwar Holil, Jakarta)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya