GM Tarik Puluhan Ribu Opel & Cruze

VIVAnews - Perusahaan otomotif General Motors (GM) di Korea Selatan menarik lebih dari 58.000 kendaraan di Negeri Ginseng karena masalah pada sistem kemudi kendaraan.  Penarikan massal oleh unit GM di Korea Selatan, GM Daewoo Auto & Technology Co, itu kemungkinan juga akan dilakukan terhadap kendaraan-kendaraan yang diekspor ke mancanegara.

Seperti diberitakan surat kabar New York Times, penarikan 58.696 unit kendaraan ini akan dimulai pada Senin ini, melingkupi empat model yang diproduksi di Korea Selatan.

Demikian menurut juru bicara  GM Daewoo Auto & Technology Co., Kim Byeong-soo, Minggu 21 Maret 2010. Penarikan di negara lain di mana kendaraan produksi GM diekspor dengan merk Chevrolet dan Opel akan diputuskan dan diumumkan kemudian sesuai dengan peraturan setempat. Menurut Kim, China sudah mengumumkan akan melakukan penarikan.

Total 45.957SUV kecil yang dijual di Korea Selatan dengan nama Winstorm dan Winstorm Maxx ditarik karena kemungkinan masalah kemudi. Sedangkan Winstorm Maxx di mancanegara disebut Opel Antara. Sementara itu, total 12.604 sedan Lacetti Premiere, yang di mancanegara dijual dengan merk Chevrolet Cruze, ditarik karena kemungkinan kebocoran tempat bahan bakar.

GM Korea Selatan juga menarik 135 model Damas, kendaraan komersial berukuran kecil, karena tempat duduk yang tidak memenuhi standar Korea Selatan. Kim mengatakan, tidak ada insiden yang dilaporkan akibat masalah kendaraan.

Penarikan ini dilakukan setelah rival GM Daewoo, Hyundai Motor Co., bulan lalu mengumumkan penarikan 47.000 kendaraan karena masalah kunci mobil. Penarikan kendaraan untuk diperbaiki kerap dilakukan sejak akhir tahun lalu saat Toyota Motor Corp., Jepang, melakukan penarikan massal karena masalah rem dan akselerasi kendaraan.

hadi.suprapto@vivanews.com

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024