2011, Mobil Seharga Rp 75 Juta Diproduksi

VIVAnews - Pemerintah akan menggandeng salah satu prinsipal otomotif asal Jepang, Daihatsu Motor Co Ltd, untuk mengembangkan mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car).

"Ada kesepakatan kerjasama dengan Daihatsu untuk mengembangkan dan mendalami struktur industri low cost and green car," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat ketika ditemui saat pertemuan dengan Menteri Keuangan Hong Kong John Tsang di Jakarta, Selasa malam, 23 Maret 2010.

Kesepakatan tersebut terjalin saat lawatan Hidayat ke Jepang, 12-17 Maret 2010. Daihatsu sepakat akan mempercepat pengembangan konsep baru mobil murah dan ramah lingkungan pada tahun ini, sehingga tahun depan sudah bisa direalisasikan.

"Setelah meninjau pabrik mereka di Jepang dan diperlihatkan data mesin, saya perkirakan harga jual mobil itu sekitar Rp 75 juta (US$ 8 ribu)," ujarnya.

Lebih lanjut Hidayat menjelaskan, saat meninjau pabrik Daihatsu di Jepang, dia diminta memilih model mana yang cocok untuk dikembangkan di Indonesia. Sayangnya dia enggan membeberkan model seperti apa yang akan digunakan nanti.

Daihatsu tertarik untuk mengembangkan konsep tersebut karena ceruk pasar yang besar di Indonesia. Dia juga meminta insinyur desain otomotif asal Indonesia yang bekerja di Daihatsu dilibatkan langsung dalam pengembangan konsep tersebut.

"Di bagian produksi pabrik pusat, Daihatsu sedang melatih sebanyak 28 orang asal Indonesia. Empat di antaranya adalah desainer. Saya minta empat orang ini dilibatkan langsung," kata Hidayat.

hadi.suprapto@vivanews.com

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024