Sedan Ini Cuma Rp55,8 Juta

Mobil murah Eropa, Lada Granta
Sumber :
  • Inside Line/AvtoVAZ

VIVAnews - AvtoVAZ, produsen mobil terbesar di Rusia, segera memproduksi mobil termurah di Eropa, Lada Granta, pada pertengahan 2011. Rencananya, mobil ini akan dilepas dengan harga US$6.200 atau sekitar Rp55,8 juta.

Granta dikenal sebagai VAZ 2190, yang terdiri dari sedan dan hatchback. Diharapkan mobil super murah ini dapat menggantikan Lada Kalina dan Samara.

Presiden AvtoVAZ Igor Komarov mengatakan, Lada Granta baru akan dibangun pada platform Kalina. "Tapi akan lebih aman, modern, dan nyaman dibandingkan Kalina," katanya, seperti dikutip Inside Line, Jumat 3 September 2010.

Produsen mobil Perancis, Renault, yang bermitra dengan AvtoVAZ di Rusia, juga telah bersedia mengembangkan Granta versi sendiri, untuk kelas menengah ke bawah. Renault juga sedang bernegosiasi mendapatkan hak menjual Granta di luar pasar Rusia. Granta sebenarnya dirancang untuk pasar Rusia, tetapi tidak menutup kemungkinan dijual ke Eropa Barat.

Pada 2020, AvtoVAZ akan memproduksi sembilan model berdasarkan tiga atau empat platform dalam enam segmen pasar. Tiga model utama (seri murah, Priora baru, dan kelas C) telah memberi kontribusi 70 persen dari total produksi. Saat ini perusahaan tengah berambisi  meningkatkan penjualan menjadi 1,2 juta mobil per tahun, dari penjualan sekarang 571 ribu unit.

Florida School Removes 300 Books Containing LGBTQ
Kia EV3

Kia Bakal Luncurkan Mobil Listrik Harga Terjangkau Tahun InI

Dalam acara CEO Investor Day, Kia mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan produksi EV3 yang berukuran kecil dan cukup terjangkau, yang akan dijual sebelum akhir

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024