Kurang Cat, Masalah Baru Otomotif Dunia

2010 Chrysler 300
Sumber :
  • carforward

VIVAnews - Industri otomotif global terus terkena dampak tsunami dan gempa yang melanda Jepang, 11 Maret lalu. Setelah gempa yang menerjang timur laut negeri itu, rantai pasokan komponen dan suku cadang terhenti. Akibatnya industri otomotif global gagalĀ  memproduksi ratusan ribu kendaraan hingga akhir bulan ini.

Kabar buruk muncul lagi setelah produsen pigmen cat kendaraan di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir yang rusak di Fukushima, berhenti produksi. Sejumlah produsen kendaraan pun terancam kekurangan cat.

Laman Detroit News, Selasa 29 Maret 2011, mengatakan bahwa Grup Chrysler LLC memerintahkan dealer agar membatasi penjualan pada 10 warna, termasuk warna-warna favorit konsumen.

Ford Motor Co juga memperingatkan dealer untuk menghentikan pemesanan kendaraan warna hitam tuksedo dan merah. Toyota Motor Corp dikabarkan kekurangan pigmen Xirallic, yang memberikan kualitas warna semakin bagus dan mengkilap.

Pabrikan pigmen asal Jerman, Merck Group, menegaskan bahwa pabrik Xirallic di Onahama telah menghentikan produksi karena berada di kawasan terkontaminasi radiasi nuklir Fukushima.

Gangolf Schrimpf, juru bicara Merck, mengatakan bahwa pekerja-pekerjanya belum bisa masuk ke pabrik. "Kemungkinan keadaan ini akan berlanjut hingga delapan pekan," katanya.

Namun, Chrysler dan Ford mengatakan, kekurangan cat tidak akan mempengaruhi tingkat produksi kendaraan. "Kami mengantisipasi dengan menyarankan pelanggan agar tidak tidak memesan warna tertentu," kata juru bicara Chrysler, Katie Hepler.

Sejumlah pabrikan mobil kini terus berjuang memenuhi pasokan komponen suku cadang mereka. Sebab, dalam produksi, sebagian besar perusahaan mobil tidak tahu asal komponen yang berjumlah 20 - 30 ribu jenis pada tiap kendaraan.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks
Zodiak Leo

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ramalan zodiak Jumat, 26 April 2024. Taurus, waspadai rekan kerja. Leo mendapat tekanan mental. Urusan percintaan Libra bermasalah. Sagitarius mendapat kejutan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024