Mengintip Pusat Robotik Honda

Aksi robot Asimo di Tokyo Motor Show ke-42
Sumber :
  • REUTERS/ Toru Hanai

VIVAnews – Honda Motor Co. Ltd meresmikan Honda Robotics, sebuah lembaga penelitian yang dibentuk untuk mengembangkan teknologi robotik dan produk aplikasi Honda, seperti robot humanoid ASIMO.

Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan

Pusat robotik telah melahirkan ASIMO generasi terbaru yang dapat bergerak tanpa dikendalikan operator.  Selain itu, ASIMO juga diluncurkan dengan tingkat kecerdasan yang meningkat signifikan, serta mampu beradaptasi dengan situasi. ASIMO juga bisa melangkah di kantor atau ruang publik, di mana banyak orang berlalu-lalang.

Seperti dilansir laman resmi Honda, Jumat 2 Desember 2011, Honda Robotics didirikan dengan tujuan mempelajari dan memahami orang-orang di sekitar. Ini merupakan akar dari manufaktur Honda.

Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui

Untuk melanjutkan penelitian dan pengembangan robot humanoid, Honda juga fokus pada penerapan teknologi robotik untuk diproduksi secara massal, dan menempatkan aplikasi produk ini ke dalam penggunaan praktis sehari-hari.

Berdasarkan konsep Honda Robotics, Honda memperkenalkan teknologi robot arm yang dikembangkan berdasarkan pengendalian multi orbit simultan dan teknologi pengendalian postur. Penelitian ini dilakukan bersama pengembangan ASIMO. Teknologi ini dapat dikendalikan dari jauh untuk melakukan tugas di tempat  yang tidak stabil atau tempat yang sulit dijangkau manusia.

ASIMO generasi terbaru dan teknologi robot arm telah diperkenalkan dengan sistem penyangga pada kaki orang dengan keterbatasan fisik.

Sementara U3-X, sebuah wheel-drive kompak dengan mobilitas perangkat yang menyediakan pergerakan bebas ke segala arah, adalah contoh aplikasi produk yang dihasilkan dari penerapan teknologi bipedal dan teknologi kontrol keseimbangan.

Erick Imbau BUMN Beli Dolar AS Besar-besaran, Menko Perekonomian hingga Wamenkeu Bilang Gini 

Teknologi Robot-arm
Teknologi yang dikembangkan ASIMO ini diterapkan untuk model eksperimental teknologi robot-arm, yang bergerak atas dasar kemauan sendiri dan dirancang berdasarkan asumsi. Robot ini bisa dimanfaatkan di lokasi bencana atau tempat lain yang terlalu berbahaya. Robot-arm ini dapat dikendalikan dari jauh untuk mendekati objek untuk melakukan tugas-tugas yang diperlukan. Bahkan di ruang sempit dengan pijakan yang tidak stabil dan banyak hambatan pun robot ini masih bisa kerja.

Teknologi kontrol stabilitas yang digunakan untuk berjalan dan berlari pada ASIMO diterapkan untuk menstabilkan postur ujung lengan, sehingga robot dapat mengerahkan daya yang diperlukan untuk melakukan tugas. Selain itu, penerapan teknologi ASIMO lainnya seperti teknik merancang tata letak yang kompak dan multi-teknologi. "Otak" ASIMO bis amengontrol 57 motor yang tertanam pada sendi lengan dan kaki, sehingga memungkinkan robot menghindari rintangan.

Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono kunjungi Pasar Kramat Jati, Jaktim.

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

Kasatpel yang numpang mobil dishub tersebut telah disanksi.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024