VIDEO: Becak Berbahan Bakar Kotoran Gajah

Festival Gajah Internasional di Nepal
Sumber :
  • REUTERS/ Navesh Chitrakar

VIVAnews - Saat ini kendaraan dengan bahan bakar minyak memang masih mendominasi jalan raya. Beberapa pabrikan otomotif bahkan telah membuat kendaraan bertenaga baterai yang dapat mengurangi polusi dan menghemat energi minyak yang semakin terbatas.

Namun, jika anda benar-benar ingin mengurangi polusi udara, kendaraan yang satu ini perlu dicontoh. Karena kendaraan ini menggunakan bahan bakar yang terbuat dari kotoran binatang.

Dilansir Autoevolution.com, Rabu 28 Maret 2012, Kebun Binatang Denver, AS, telah membuat terobosan unik dengan membuat becak motor asal Thailand bisa melaju dengan bahan bakar yang berasal dari kotoran binatang.

Mungkin agak terdengar menjijikan, tetapi orang-orang di sana ingin membuatnya menjadi bernilai. Sebenarnya, motor itu tidak menggunakan kotoran secara mentah. Tetapi mereka merubah kotoran menjadi gas yang kemudian dirubah lagi menjadi energi listrik.

Energi listrik yang dihasilkan inilah yang menjadi tenaga untuk menjalankan si becak. Kotoran binatang yang digunakan adalah kotoran gajah. Rencananya, kebun binatang itu akan mengembangkan dan meningkatkan penggunaan teknologi ini.

Kebun binatang ini memasang target 20 persen kebutuhan energi kebun binatang akan dipenuhi dari teknologi ramah lingkungan ini. Selain menjadi terobosan yang unik, teknologi itu juga mampu mengurangi polusi udara akbiat bau dari kotoran di kebun binatang.

Berikut VIDEO: Becak Berbahan Bakar Kotoran Gajah

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Laporan: Wahyu Prasetyo

(ren)

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024