Kesengsem Iritnya Toyota Prius

Toyota Prius generasi ketiga
Sumber :
  • VIVAnews/Hadi Suprapto

VIVAnews - Toyota Astra Motor terus mengkampanyekan mobil hybrid jagoannya di Indonesia, yakni Prius. Mobil yang muncul pertama kali di 2009 lalu memang memiliki penampilan yang cantik dari segi desain, tak ayal banyak orang kepincut ketika melihatnya.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Namun apakah kecantikan Prius diimbangin dengan performa mesin  dan tingkat kenyaman yang mumpuni? Kali ini VIVAnews mendapatkan kesempatan untuk mencicipi cita rasa Prius berkelir putih yang sudah masuk generasi ketiga.

Secara desain prius generasi ketiga memiliki sedikit ubahan dari generasi sebelumnya, mulai dari fog lamp dan head lamp yang sudah menggunakan halogen. Sentuhan itu semakin membuat Prius makin menawan. Tak ketinggalan adanya gradasi warna biru pada logo Toyota yang menandakan jika mobil ini hybrid--gabungan dari motor listrik dan mesin bensin.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Aura seksi dan menawan terlihat juga di bagian buritan, dengan
penambahan spoiler horizontal yang menjadi ciri khas taillight Prius. Rasa ingin tahu ketangguhan mobil ini semakin tak terbendung ketika smart key Prius sudah berada di tangan.

Begitu pintu dibuka, Anda akan disuguhi tampilan kabin yang elegan dan futuristik. Dimulai dari dashboard yang memiliki display atraktif sehingga memudahkan pengemudi untuk menggunakan fitur-fitur unggulan Prius. Terdapat pula mengatur AC dan audio mobil di bagain tengah dashboard.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Layar LCD pada dashboard juga berfungsi untuk memantau konsumsi bahan bakar. Sedangkan untuk hiburan dalam mobil tersedia AM/FM/MP3 CD player dengan enam-speaker dan radio satelit.

Di bagian setir disematkan fitur baru yakni cruise control yang lokasinya berada di sebelah kanan bawah. Untuk pengatur AC kini ada di bagian kanan setir dan pengatur audio serta telepon di sebelah kiri setir.

Sentuhan warna biru di tuas transmisi semakin mempercantik Prius. Di tuas transmisi ini terdapat empat pilihan mode yakni R, N, B, dan D. Untuk menekan tombol parkirnya terletak terpisah di dashboard tengah.

Uniknya, pada konsol tengah kabin mobil dibuat seperti jembatan yang memisahkan pengemudi dengan bagian lain dari mobil. Di bawah jembatan itu terdapat tempat untuk menaruh handphone atau gadget lain.

Prius menggunakan bahan ramah lingkungan plant-derived, carbon-neutral "ecological plastic" untuk jok dan trim. Bahan jok yang lembut semakin membuat Anda bentah berlama-lama di dalamnya. Bagasi dan kursi penumpang pun dibuat lebih lapang. Sehingga tidak mengganggu kenyamanan serta mampu menyimpan barang yang cukup besar di bagasi.

Begitu puas melihat tampilan interiornya, VIVAnews langsung menjajal ketangguhan performa mesin hybrid Prius. Saat tombol start engine ditekan, suara mesin tak terdengar sama sekali.

Mobil Toyota Prius generasi ketiga yang dijual oleh Toyota di Indonesia sendiri memadukan dua buah dapur pacu di jantungnya yakni sebuah mesin 1.798 cc, yang berguna sebagai generator dan penggerak roda bila dibutuhkan serta 2 buah motor listrik.

Prius generasi ketiga juga dilengkapi ada tiga mode pengemudian, yaitu Eco, EV, dan Power Mode. Pilihan mode itu dapat memudahkan kebutuhan pengemudi ketika ingin mendapatkan performa tinggi, irit bahan bakar, dan pengendaraan menggunakan baterai.

Situasi lalu lintas Jakarta yang macet saat melewati kawasan Gatot Subroto dan Sudirman menjadi ajang pengujian ketangguhan Prius dalam hal konsumsi bahan bakar. Situasi seperti ini tentu diperlukan mode Eco terlebih dulu. Mode Eco menjadikan mobil berada dalam kondisi irit BBM, gas yang bisa ditekan pun minimal sehingga respons pedal gas pun berkurang.

Saat gas ditekan, mobil masih bisa melaju dengan motor listriknya hingga 50 km per jam. Mesin bensin baru akan bekerja jika mobil berada di atas kecepatan 50 km/jam atau ketika baterai mobil tersedot habis.

Laju Prius menerobos kemacetan berhasil membetot perhatian pengguna jalan dan kendaraan lain. Sorotan mata mereka tak lepas ketika melihat mobil hybrid ini. Rasa percaya diri menunggangi Prius semakin terasa, ketika banyak orang mengacungkan jempol saat melihat Prius.

Ayunan supensi MacPhershon Strut di bagian depan dan Torsion Beam di bagian belakang membuat Anda kenyaman tidak terganggu ketika melewati jalanan berlubang. Adapun fitur keamanan yang diadopsinya adalam rem ABS, airbag, dan sensor parkir.

Lepas dari kemacetan, saat berganti mode pengemudian Power Mode. Begitu tombol ditekan, Prius mengerahkan segenap performanya untuk melaju kencang. Paduan tenaga mesin 1.800 cc dan torsi motor listrik yang bekerja bersama-sama membuat Prius menjelma menjadi mobil dengan kepribadian berbeda.

Akselerasi pertengahan yang cukup kencang membuatnya mudah menyusul kendaraan lain. Asyik terus membetot gas tanpa disadari kecepatan menyentuh 150 km/jam di mana kondisi tol arah Cikampek mulai lengang saat itu. Sedangkan akselerasi dari diam sampai 100 km/jam membutuhkan waktu sekitar 14 detik.

Dari kemampuan yang dihasilkan Prius, VIVAnews mendapatkan angka konsumsi bahan bakar 1 liter untuk 22 kilometer. Efisiensi bahan bakar yang dihasilkan membuat mobil ini tidak akan membuat keuangan Anda jebol, mengingat harga bahan bakar minyak terus meningkat. Tak cuma irit, Toyota Prius juga tahan banjir. 

Sayangnya karena mobil Hybrid belum diberi insentif pemerintah, harga Prius di Indonesia masih sangat mahal. Prius generasi ketiga dibanderol Rp599 juta. Harga itu dinilai masih sulit dijangkau konsumen di Tanah Air

Namun belakangan, pemerintah telah memberikan sinyal untuk memberikan insentif mobil Hybrid. Itu dilakukan untuk menekan konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi.

Diketahui, mobil hybrid di negara lain seperti Malaysia dan Jepang, pada awalnya diberi insentif, sehingga mobil irit dan ramah lingkungan menjadi hal yang lumrah, dan tidak langka seperti di Indonesia.

Spesifikasi Prius    
Tipe Mesin    1L4 Cylinder, Dual VVT-i
Isi Silinder     1,797 cc
Daya Maximum    73  (99.3) / 5200 rpm
Torsi Maksimum    142 (14.4) / 4000 rpm
Kapasitas Tangki    45 liter


Dimensi    
Panjang     4,460 mm
Lebar    1,745 mm
Tinggi    1,480 mm
Jarak poros roda    2,700 mm
Jarak pijak depan    1,525 mm


Suspensi sepan    MacPhershon Strut
Suspensi belakang    Torsion Beam
Rem depan    15 Ventilated Disc
Rem belakang    15 Solid Disc


Velg dan ban    
Ukuran ban depan    195/65 R15
Ukuran ban belakang    195/65 R15
Eksterior
Lampu Kabut   
Spion Otomatis   
Spion dapat dilipat   

Interior
AC dual zone control autoclimate   
Paddle shift 
Sensor hujan + auto wiper
Audio
Cruise control
Kemudi audio control
Leather seat   
Atur kemudi otomatis   

Kemanan
Airbags   
Sensor parkir   
ABS

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya