Dua Produsen Mobil Eropa Bangkrut

Mobil sport Artega
Sumber :
  • google

VIVAnews - Hantaman krisis ekonomi yang terjadi di Eropa membuat dua pabrikan mobil sport asal Italia dan Jerman terpukul dan mengajukan kebangkrutan.

Dimulai dari produsen mobil sport asal Italia De Tomaso. Setelah beberapa lama berjuang dengan mencari investor baru, De Tomaso akhirnya gagal mendapatkan kesepakatan dengan pembeli asal China.

Breaking News: Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Ledakan Terjadi di Isfahan

Aktivitas keuangan perusahaan pun harus terhenti dan dinyatakan bangkrut. Diketahui, pada 2009 lalu, mantan Direktur Eksekutif Fiat, Gian Mario Rossignolo, membeli nama De Tomaso setelah beberapa tahun perusahaan mengalami kebangkrutan.

Rossignolo dan beberapa investor lainnya berencana meluncurkan tiga model baru De Tomaso. Tapi sayangnya langkah itu tidak berjalan mulus, dan perusahaan tidak juga mendapatkan keuntungan.

Model terkenal yang dibuat De Tomaso adalah varian sport Pantera diproduksi 1971-1996. Model ini memiliki sasis baja monocoque dengan mesin 5,7 liter Ford Cleveland V-8, dengan daya 330-tenaga kuda.

Nasib serupa juga dialami produsen mobil sport Jerman, Artega yang mengajukan kebangkrutan lantaran tidak bisa mencari investor baru. Rencana penjualan perusahaan ke investor Asia pun kandas dilakukan pada menit-menit terakhir.

Ini bukan kali pertama Artega mengalami kesulitan keuangan karena gagal mendapatkan investor baru. Pada tahun 2010, perusahaan ini juga sempat ingin dibeli oleh investor Meksiko, tapi gagal di menit-menit terakhir.

Artega sendiri memiliki dua produk yakni Artega GT yang merupakan mobil sport dengan 300 tenaga kuda dan mobil sport listrik bernama Artega SE yang memiliki kekuatan 380 tenaga kuda. (Sumber: Inautonews)

Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Pensiunan Jenderal Bintang 4 Berinisial B Terseret Kasus Korupsi Rp271 T, Siapa Dia?

Beberapa waktu lalu Iskandar Sitorus selaku Sekretaris dari DPP Indonesia Audit Watch sempat membongkar inisial publik figur yang terseret dalam kasus mega korupsi timah

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024