Mobil-mobil yang Cocok untuk Mudik

Ilustrasi Mudik
Sumber :
  • Mudik

VIVAnews – Sepekan memasuki puasa, kaum muslim urban mulai bersiap menghadapi rutinitas tahunan, yaitu mudik.

Mahalnya biaya transportasi yang kian tahun terus meningkat, tentu saja memberatkan para calon pemudik. Tidak hanya itu, alat transportasi umum yang biasa mengangkut pemudik pun dinilai kerap tak memadai, mulai dari kelayakan, kebersihan, hingga keamanan.

Kondisi ini akan menjadi masalah, terutama pada keluarga yang akan mudik berbarengan, sehingga mereka terpaksa harus merogoh kocek lebih dalam.

Tal ayal, mereka dengan keluarga banyak memilih membeli mobil keluarga atau MPV yang sedikit murah. Selain kabin luas dengan kapasitas tujuh orang, mobil kelas ini juga memiliki spesifikasi cukup mumpuni untuk mudik.

Nah, berikut beberapa varian mobil yang cocok untuk mudik keluarga dengan harga di bawah Rp200 juta:

Toyota Avanza
Pelopor dari mobil keluarga murah ini adalah Avanza. Memiliki berbagai tipe mesin, mulai dari 1.3E, 1.3G, dan 1.5G, hingga 1.5S yang kini ganti nama menjadi Veloz. Untuk Avanza 1.3 dilengkapi transmisi manual dan otomatis, sedangkan Avanza 1.5G hanya tersedia transmisi manual saja.

Mobil dengan mesin 4 cylinder, 16 V, DOHC, VVT-I yang mampu menampung 45 liter bahan bakar ini dilepas dengan kisaran harga Rp150 juta hingga Rp187 juta.

Daihatsu Xenia
Mobil kembaran Avanza ini memiliki spesifikasi mesin K3-VE, DOHC, VVT-I yang berkapasitas 1,3 liter dan mampu melontarkan daya hingga 92 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 12.2 kgm pada 4.400 rpm.

Meski hanya memiliki transmisi manual dengan 5 percepatan, dan spesifikasi lebih rendah dibanding kembarannya. Xenia juga memiliki harga yang relatif lebih murah yaitu berkisar Rp132 juta hingga Rp141 juta.

Suzuki Ertiga
Mobil yang diplot sebagai pendongkrak penjualan Suzuki adalah Suzuki Ertiga. Mobil ini disokong mesin empat silinder segaris 1.337 cc, DOHC, 16 katup, VVT dengan sistem suplai bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin terkontrol secara elektronik, sehingga mampu menghasilkan pembakaran sempurna dan mendapatkan performa mesin yang baik.

Dengan target penjualan hingga 50.000 unit hingga akhir 2012, Suzuki membanderolnya dengan harga antara Rp143 juta hingga Rp165 juta.

Nissan Evalia

Mobil yang juga memiliki tujuh penumpang dengan pintu sliding door pada bagian kanan-kiri ini mengusung mesin 1.500 cc HR15DE yang juga tersemat di Nissan Juke, dengan dimensi panjang 4.400 mm, lebar 1.695 mm, dan wheelbase 2.725 mm.

Nissan melepas Evalia dengan harga Rp145-185 juta. Harga terendah adalah tipe S, disusul SV manual, dan SV matic yang masing-masing seharga Rp162 juta dan Rp172 juta. Sedangkan tipe selanjutnya adalah XV manual yang dibanderol Rp175 juta, dan XV matic Rp185 juta.

Untuk model satu tingkat dari low MPV yang juga menjadi mobil favorit keluarga dengan harga lebih tinggi antara lain Toyota Innova (Rp189-311 juta), Toyota Rush (Rp203-221 juta), Honda Freed (Rp219–260 juta), dan Daihatsu Terrios (Rp171–211 juta). Silakan Anda memilih sendiri. (art)

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta
Ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Pengajuan Amicus Curiae Megawati Dinilai Tak Tepat, Sebab Termasuk Pihak Bersengketa

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri diwakili Hasto Kristiyanto dan Djarot Saiful Hidayat menyerahkan Amicus Curiae ke Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024