'Kencan' Basah-basahan dengan Yamaha Xeon RC

Yamaha Xeon
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Xeon RC bakal memanaskan persaingan antara Yamaha dan Honda di segmen motor matik 125cc. Yamaha dengan Xeon karburator memang sempat terseok ketika Honda meluncurkan Vario Techno 125 PGM-FI.

Tak rela pangsa pasarnya menyusut, Yamaha pun meluncurkan generasi terbaru Xeon. Mengusung mesin injeksi YMJET-FI, motor itu mengalami perombakkan dari segi desain dan penambahan fitur. Tampilannya pun terinspirasi pesawat tempur F117-Nighthawk.

Lalu bagaimana dengan performanya? VIVAnews mendapatkan kesempatan untuk menjajal motor matik premium Yamaha itu di sirkuit Sentul kecil, Bogor Jawa Barat, Rabu 9 Januari 2013.

Begitu naik di atas jok, mata langsung tertuju dengan fitur baru yang disematkan Yamaha, yakni Smart Lock System. Fitur ini dapat membantu saat pengereman di jalan menanjak atau menurun. Anda cukup menarik rem belakang (kiri), kemudian langsung tombol di pangkal pedal rem. Dengan begitu motor akan terkunci dan tidak menggelinding di trak curam.

Fitur baru lainnya adalah Smart Stand Switch, di mana jika standar samping dibuka, otomatis mesin motor akan mati. Pengendara juga diberi tahu melalui kedipan lampu di speedometer jika mesin belum dimatikan melalui kunci kontak. Dengan begitu faktor keamanan makin lengkap.

Begitu bendera start di lepas, Xeon RC tidak langsung melaju di lintasan sirkuit. Ada rute khusus jalanan berbatuan, untuk bisa merasakan suspensi motor sendiri.

Pedal gas pun dipelintir, ayunan suspensi depan (teleskopnik) dan belakang (Unit swing, suspensi tunggal) bekerja cukup baik. Duduk pun terasa empuk tanpa mengurangi kenyamanan berkendara di jalanan berbatu dan bergelombang.

Jarak terendah ke tanah yang tingginya mencapai 135 mm, membuat pengendara tidak perlu risau mentok melibas tanggul, lantaran terlalu ceper. Rem depan cakram dan belakang tromol di Xeon RC cukup mengigit ketika harus berhenti dari kecepatan tinggi.

Begitu masuk ke lintasan sirkut, Xeon RC langsung digeber. Bukaan awal cukup responsif dan galak. Hanya sedikit gas dipelintir, tenaga sudah dirasakan. Limpahan tenaga makin terasa begitu berada di putaran tengah ke atas.

Gas terus betot, tapi sayangnya lintasan sangat basah karena hujan terus mengguyur. VIVAnews pun hanya bisa menggeber hingga kecepatan 90 km/jam di track lurus.

Beberapa tingkungan pendek dan panjang berhasil dilibas cukup baik, tapi sayangnya motor dengan panjang 1855 mm, 700 mm, 1070 mm ini memiliki bodi yang sangat ramping. Sehingga sedikit 'melayang'. Handling bakal lebih mantap jika ukuran bodi dibuat lebih gambot.

Xeon RC disematkan teknologi DiASil Cylinder dan Forged Piston. Dengan penyempurnaan teknologi mesin 125 cc berpendingin cairan dan penambahan YMJET-FI, menaikkan tenaganya menjadi 11,4 PS dan torsi meningkat jadi 10,4 Nm.

Secara keseluruhan performa motor yang dibanderol Rp15,1 juta OTR Jakarta ini cukup memuaskan. Hanya saja ketika Anda memiliki tinggi badan sekitar 178 cm, maka bagian pergerakan dengkul akan sangat terbatas lantaran mentok dengan bodi depan.

Dari segi warna, Yamaha cukup berani mengkombinasikan warna mencolok di bagian bodi.  Sedangkan aura elegan terlihat pada bagian over knalpot yang berwarna titanium. Bagasinya juga memberikan kenyamanan berkendara dengan half face helm in.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin
Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengusung Imam Budi Hartono sebagai Cawalkot Depok

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyetujui untuk merekomendasikan Imam Budi Hartono sebagai bakal calon Wali Kota Depok pada Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024