FOTO: Bemo Masa Depan Tebar Pesona di Kantor Jokowi

Bio Bemo Solusi Bemo di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)
- Salah satu model kendaraan yang dianggap menyumbang banyak polusi untuk Jakarta adalah bemo.  Tapi itu dulu, karena bila melihat bemo ini, anggapan tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Ya, ini adalah bemo bertenaga listrik. Paguyuban Bemo Jakarta dan lembaga non profit Aikon memperkenalkan Bio Bemo di lapangan Monas, Gambir, Jakarta, Rabu 20 maret 2013.
Masuk Usia Kepala 4, Vicky Prasetyo Sudah Siapkan Kain Kafan?


Bio Bemo yang bertenaga listrik tersebut diharapkan menjadi salah satu alternatif transportasi ramah lingkungan di Ibukota.


Bio bemo digerakkan oleh energi yang tersimpan di dalam empat baterai 12 Volt. Total tegangan sistem 48 Volt ini mampu memutar motor listrik sejauh 50 kilometer.


Ketika baterai itu habis, bio bemo bisa di-charge. Caranya, hanya perlu dicolok ke outlet listrik PLN dengan daya 1.300 Watt dan bertegangan 220 Volt. Proses pengisian ulang seluruh baterai ini butuh waktu delapan jam.


Pihak paguyuban berharap kehadiran Bemo Bio bisa respon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Pasalnya, Pemprov DKI pada 2010 lalu, berjanji memberikan solusi peremajaan atau kendaraan pengganti bemo. (sj)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya