Becak Listrik Modern Rancangan Mahasiswa

Motor VOI rancangan mahasiswa.
Sumber :
  • Foxnews
VIVAnews
Surya Paloh Akui Berkontemplasi Lama Sebelum Putuskan Gabung ke Koalisi Prabowo
– Sekelompok mahasiswa asal Technische Universität Muenchen, Jerman dan Nanyang Technological University, Singapura, yang tergabung dalam sebuah tim dan sedang menempuh mata kuliah akhir, menemukan alat transportasi baru yang disebut VOI.

PSI Ajukan 10 Gugatan Hasil Pileg, MK Pastikan Anwar Usman Tak Ikut Tangani

Dilansir
Haru, Alyssa Soebandono dan Dude Harlino Menangis Saat Pertama Dengar Suara Anak Perempuannya
Foxnews, Kamis 18 April 2013, temuan itu berupa motor bertenaga listrik yang sanggup menempuh jarak 50 mil (80 km) dengan kecepatan tertinggi hingga 28 mph (45 km/jam). Ini dirancang untuk kendaraan angkutan penumpang satu orang (
single-passengger taxi
) guna mengatasi kemacetan di kota-kota besar.


Jika di Indonesia, mungkin kendaraan ini lebih cocok disebut becak listrik. Karena, skuter listrik ini hanya menyediakan satu kursi untuk penumpang yang letaknya di depan, sedangkan posisi pengemudi berada di belakang.


VOI (diambil dari bahasa Vietnam berarti gajah) dikatakan sebagai moda transportasi aman dan juga cerdas, desainnya modern dan ramping.


Dengan menggunakan dua roda besar di depan dan belakang, ditambah dua roda kecil di tengah, dipastikan VOI tidak mudah jatuh. Namun, motor tersebut tetap dapat lincah meliuk di kemacetan.


Motor VOI rancangan mahasiswa.


Penumpang tidak perlu takut kepanasan, kehujanan, atau terkena debu, karena ada penutup untuk ruang duduknya. Cara masuknya pun cukup unik, yaitu penutupnya dibuka ke atas.


Belum diketahui apa spesifikasi mesin dan berapa harganya jika diproduksi nanti. VOI saat ini sedang dipamerkan di Taiwan Electric Vehicle Show. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya