Ustad Uje dan Kegandrungannya pada Motor Gede

Kondisi motor Uje usai kecelakaan
Sumber :
  • VIVAnews/Taufik Rahadian

VIVAnews - Empat hari sudah Ustad Jeffry Al Buchori atau Uje meninggalkan orang-orang yang menyayangi dan mencintainya. Dia meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai motor gede (moge) Kawasaki ER-6N di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Ustad gaul itu memang tengah menggandrungi motor gede. Dia mengenal moge dari sahabatnya, Pasha 'Ungu'. Vokalis band Ungu itu memang lebih dulu memiliki hobi mengendarai motor jenis itu. Ia pun pernah mengajak Uje untuk touring bersama ke Puncak, Jawa Barat.

"Kebetulan pas kenal Uje saya yang pakai duluan saya bilang 'Je, ayo dong, kalau kita ada acara yang deket, kita pake motor aja'. Kami pernah beberapa kali jalan pake motor ke Puncak sama teman-teman. Makanya saya kaget dengar kabar dia kecelakaan pake moge," kata Pasha.

Bahkan, tak jarang Uje mengajak anak istrinya dibonceng menggunakan moge. Uje pun sering ikut serta kegiatan sosial yang diadakan klub sepeda motor besar.

"Kadang-kadang Uje ikut gabung juga kalau ada kegiatan sosial," kata Ajun Komisaris Besar Pol. Ipung Purnomo, instruktur safety riding sekaligus pengurus IMI, HDCI, hingga Ikatan Motor Besar Indonesia.

Nahas tak dapat ditolak. Kecintaan Uje pada moge menghantarkan ajalnya. Sang ustad tutup usai saat mengendarai moge asal Jepang, Kawasaki ER-6N, yang diketahui memiliki tenaga bak kuda pacu.

Kawasaki ini dilengkapi mesin 649 cc, 4 stroke parallel twin silinder DOHC, 8 valve, dan sistem pendingin mesin berupa cairan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 72,1 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi sebesar 64 Newton meter pada 7.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda dengan transmisi enam tingkat kecepatan.

Moge tipe ini memang memiliki beberapa keistimewaan, mulai dari menggunakan rangka high-tensile steel agar bobotnya lebih ringan, model yang futuristik, hingga kecepatan yang mendecakkan lidah.

Motor yang memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 19 liter ini, mampu melesat hingga 150-170 km/jam. Kawasaki mengimpor utuh (built up) motor gede ini dari Thailand dan membanderolnya dengan harga Rp102,5 juta per unit untuk wilayah Jakarta. (kd)

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?
Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024