Menyetir Usai Isap Ganja Dibolehkan di Kota Ini

Jumlah ganja legal di Belanda
Sumber :
  • VIVAnews/Arfi Bambani Amri
VIVAnews
Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024
– Mengisap ganja atau marijuana di Indonesia pasti akan dikenakan hukuman berat karena melanggar undang-undang. Namun, mengkonsumsi ganja kini sudah menjadi legal di Michigan, Amerika Serikat.

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Bahkan mulai minggu ini, dilansir
Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid
Inautonews, Senin 27 Mei 2013, untuk keperluan medis, Mahkamah Agung Michigan, AS memutuskan setelah mengkonsumsi ganja seseorang diperbolehkan mengemudi.


Hal itu bermula ketika 2010 lalu, di wilayah Grand Traverse County seorang pria bernama Rodney Koon, dihentikan petugas patroli karena ngebut dengan kecepatan di atas 30 mph (48 km/jam).


Setelah diberhentikan dan diperiksa, Koon mengaku telah merokok ganja medis sebelum mengemudi. Dan saat dilakukan tes darah hasilnya positif.


Menurut Hakim, hukum ganja medis sudah terdaftar, dan hal itu dapat melindungi pasien dari tuntutan atas kepemilikan internal ganja.


Anehnya, Michigan memiliki kebijakan toleransi nol untuk mengemudi setelah menggunakan ganja, tapi pada saat yang sama melindungi pengguna ganja medis.


Hukum mengatakan kepolisian harus dapat membuktikan pengemudi dalam pengaruh ganja. Tapi tanpa atau tidak menyebutkan sampai seberapa kadar yang diperbolehkan.


"Bisa dikatakan hukum ganja medis adalah undang-undang yang tidak sempurna, karena penafsiran hal ini harus dilakukan intervensi oleh Mahkamah Konsutitusi. Memang, kasus ini bisa saja mudah diselesaikan jika hukum telah memberikan definisi seperti apa pengaruhnya,” kata hakim. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya