Dituding Jokowi Bikin Tambah Macet, Ini Kata Bos Ayla-Agya

Ribuan Siswa Solo Sambut Kirab Esemka.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menilai kehadiran mobil murah bakal menambah kemacetan Ibukota. Bahkan rencana kebijakan genap-ganjil atau Electronic Road Pricing (ERP) atau jalan berbayar bakal .

Menanggapi hal itu, Bos Daihatsu Indonesia Sudirman MR angkat bicara. Menurutnya masalah kemacetan bukan semata-mata karena disebabkan adanya mobil murah.

"Karena macet, terus kita harus stop jualan mobil. Tentu tidak seperti itu. Karena industri otomotif itu sangat menguntungkan untuk perekonomian negara. Bahkan membuka lapangan pekerjaan terutama mobil murah, karena kita mendapatkan suplai dari produsen lokal," katanya kepada VIVAnews, Selasa 10 September 2013.

Dia menjelaskan, dalam pembahasan awal mobil Low Cost Green Car (LCGC), pemerintah sudah menekankan keberadaan mobil murah akan diiringi pembangunan infrastruktur transportasi massal dan pembenahan traffic management lalu lintas.

Pendapat serupa juga diungkapkan Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan. Pria berkumis itu ingin semua masyarakat melihat sisi positif dari kehadiran mobil murah.

"Kalau soal itu (kemacetan) kita sudah pernah bahas. Jangan cuma jeleknya, tapi harus lihat sisi positifnya. Justru adanya mobil murah bakal menambah investasi di sini, belum lagi kita bisa ekspor ke negara lain," komentarnya.

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Penjualan Ayla-Agya diharapkan bisa menjadi "tambang emas" Daihatsu-Toyota di Tanah Air. Penjualan keduanya baru akan terlihat pada Oktober, sehingga bisa dikalkulasi seberapa besar perannya terhadap total pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia, yang pada periode Januariā€“Agustus telah menembus angka 793.973 unit.

Sebelum menjadi Gubernur DKI, Jokowi merupakan orang yang paling mendukung produksi mobil murah. Ia bahkan menjadi pelopor sekaligus brand ambassador alias duta mobil murah Esemka, yang merupakan rakitan siswa SMK dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK).

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Namun, setelah Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, pamor Esemka redup. Sejumlah persoalan dihadapi, salah satunya dana yang terbatas untuk memproduksinya. Ditambah lagi, kini hadir mobil murah buatan Jepang. (umi)

Ford Fiesta nekat melewati jalur Taman Nasional Bromo

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Sebuah video menunjukkan pengendara mobil Ford Fiesta memaksakan diri untuk melewati jalur kawasan Bromo. Namun, berakhir nahas.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024