Walikota Solo: Pemerintah Promosi Mobil Murah, Tapi Abaikan Esemka

Mobil Esemka di assembly Solo Techno Park
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Walikota Solo, FX Hady Rudyatmo, menilai pemerintah pusat tidak perhatian dengan keberadaan mobil rakitan anak bangsa, Esemka. Pemerintah justru lebih mendukung peredaran mobil murah dari luar negeri. Ini terbukti dengan getolnya pemerintah mempromosikan mobil murah buatan asing.

"Pemerintah bukannya kurang perhatian sama Esemka, tetapi tak perhatian sama sekali dengan Esemka," tegas Rudy sapaan akrab Walikota Solo kepada VIVAnews, Jumat 20 September 2013

Ia pun menyayangkan sikap pemerintah yang lebih memberikan kemudahan dan kesempatan pada mobil murah untuk bisa hadir di pasaran. Sikap berbeda diberikan kepada mobil Esemka.

"Pemerintah lebih memberikan kemudahan izin untuk mobil murah buatan luar negeri. Dibanding memberikan kemudahan perizinan dan permodalan untuk Esemka," kata Rudi yang dulu bersama Jokowi mempromosikan Esemka.

Rudy menilai seharusnya sikap pemerintah lebih bijak dalam mensikapi mobil murah. Esemka yang selalu lekat dengan masalah permodalan, malah tak diperhatikan sama sekali pemerintah.

"Selama ini kan modal dari Esemka dari patungan dan koperasi, " tutur dia yang dulu sempat menyetir Esemka dari Solo menuju Jakartta untuk tesĀ  uji emisi.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Sokongan Modal

Seharusnya, jika pemerintah lebih bijak, mobil karya anak bangsa ini didukung, termasuk sokongan modal. Lagipula mobil Esemka ini merupakan hasil karya alumni SMK yang tersebar di seluruh Indonesia.

"UKM yang menyokong spare part mobil Esemka ini karyawannya dari para lulusan SMK di seluruh Indonesia. Jadi Esemka itu bukan mobil rakitan anak SMK, " ungkapnya.

Menurut Rudi, jika pemerintah mau mengembangkan Esemka maka negara ini akan lebih berdikari dalam bidang ekonomi dan memiliki kedaulatan politik.

"Esemka ini bisa menjadi mobil karya anak bangsa yang membanggakan jika pemerintah mau mengembangkannya, " tuturnya. (ren)

Baca juga:

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024