Lelang Puluhan Bus Murah, Cuma Rp40 Jutaan

Trans Yogya.
Sumber :
  • Gudeg.net

VIVA.co.id – Lantaran Pemerintah Kota Yogyakarta tak memiliki anggaran untuk perbaikan sebanyak 20 bus eks Trans Jogja, kendaraan-kendaraan itu siap untuk dilelang pada 25 Agustus 2016 mendatang.

Biaya Perawatan Mahal, Aset Sitaan Asabri dan Jiwasraya Akan Dilelang

Untuk harga lelang harga yang ditawarkan, yakni Rp41,6 juta untuk setiap unitnya. Pelelangan bus hibah dari Kementerian Perhubungan tahun 2007 tersebut, sedianya bakal dilakukan di Kompleks Balai Kota, Yogyakarta.

Menurut Kepala Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah (DBGAD) Kota Yogyakarta, Hari Setyawacono, harga terendah Rp41,6 juta. Sementara harga tertinggi Rp42,9 juta.

Ada Mobil Mewah Rolls-Rocye Dilelang Mulai Rp132 Jutaan di Indonesia

"Total harga limit mencapai Rp844,4 juta. Kami targetkan lelang bakal tercapai 100 persen," ujar Hari Setyawacono, di Yogyakarta, Jawa Tengah, Minggu, 21 Agustus 2016.

Sebelum diputuskan dilelang, pihaknya sudah melakukan beberapa mekanisme, termasuk berkoordinasi dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta. Selain itu, proses lelang juga mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19/2016.

KPK Lelang Mobil Mewah Tindak Pidana Korupsi, Mulai Rp22 Jutaan

Dalam pasal 337 ayat 2 disebutkan, bahwa pemindahtanganan barang milik daerah dengan nilai lebih dari Rp5 miliar tetap harus mendapat persetujuan DPRD. "Namun, lelang 20 unit bus eks Trans Jogja tidak dibutuhkan persetujuan dewan, karena nilai wajarnya tidak sampai Rp5 miliar," ujarnya.

Sementara Kepala Seksi Inventarisasi Tanah dan Bangunan DBGAD Kota Yogya, Suharno mengatakan, saat ini puluhan bus yang akan dilelang terparkir di sisi timur bus Terminal Giwangan. Berdasarkan hasil uji fisik, kondisi bus tinggal 28 -29 persen saja. Bahkan dari 20 unit bus, hanya tingga lima unit saja yang masih bisa jalan.

Kondisi ini terjadi, menurut Suharno, karena dalam dua tahun terakhir bus tanpa perawatan setelah tidak ada lagi alokasi anggaran untuk pemeliharaannya. Selain tanpa perawatan, ke-20 bus bermerek Mitsubishi itu juga tanpa penjagaan. Akibatnya, bus kerap digunakan untuk tidur bahkan buang air kecil.

Suharno menambahkan, proses pendaftaran lelang dibuka tanggal 23-24 Agustus pada jam kerja dengan tempat pendaftaran di Kantor KPKNL Jalan Kusumanegara No 11 Yogyakarta. Para pendaftar juga diberi kesempatan melihat kondisi bus di timur Terminal Bus Giwangan pada tanggal 19 dan 22-24 Agustus.

Bagi yang berminat mengikuti lelang bisa mengirim uang jaminan berkisar Rp7,4 juta sampai Rp10,3 juta dan disetor ke bank yang sudah ditunjuk. "Sedangkan lelangnya akan dimulai pukul 10.00 WIB di Graha Pandawa, Kompleks Balai Kota Yogyakarta," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya