Intip Harga Klakson Keong Tahan Air nan Nyaring

Klakson Keong
Sumber :

VIVA.co.id – Klakson merupakan komponen wajib yang mesti terpasang pada setiap kendaraan. Fungsinya untuk memberikan tanda atau peringatan terhadap pengendara lain, sehingga sangat erat terkait dengan faktor keselamatan di jalan raya.

Jangan Asal Pencet, Ini Etika Membunyikan Klakson

Umumnya produsen mobil memasang klakson jenis standar pada semua kendaraan yang dijual. Sayangnya, banyak yang beranggapan bahwa suara yang dikeluarkan klakson bawaan kendaraan kurang begitu baik dan lantang.

Selain itu, klakson bawaan pabrikan biasanya berbentuk piringan atau disc, sehingga rentan kemasukan air. Jenis suaranya yang tidak stereo karena hanya dipasang sebelah.

Kasus Penganiayaan Sopir Truk, Polisi: Pelaku Emosi karena Klakson

Padahal, agar bisa "berkomunikasi" dari pengendara satu ke yang lainnya ketika digunakan, klakson harus dapat mengeluarkan suara dengan maksimal. Biasanya, klakson disc tidak dapat berbunyi sempurna ketika air atau lumpur menempel pada ruang klakson.

Solusinya, mereka mengganti klakson dengan model lain, yang umumnya berukuran lebih besar dan tahan air (waterproof). Klakson ini memang memiliki bunyi yang lebih nyaring dan maksimal saat digunakan dalam keadaan cuaca buruk sekalipun.

Bunyi Panci, Wajan, Klakson Bentuk Protes Warga di Kudeta Myanmar

Klakson waterproof merupakan klakson dengan model yang disempurnakan dan mampu mencegah masuknya air ke saluran rumah klakson atau yang biasa dikenal dengan rumah keong.

“Denso merupakan penggagas pertama klakson dengan sistem waterproof, di mana telah mendapatkan pengakuan dari JIS (Japan International Standard), ECC (Economic Commission of Europe), dan EEC (Equipment Engineering Capabilities),” kata Yusup Budi Setio, assistant section manager powertrain, PT Denso Sales Indonesia di Jakarta, Sabtu 5 Maret 2017.

Menurut Yusuf, klakson Denso juga telah lulus uji produksi untuk dapat berbunyi sekurang-kurangnya 50 ribu cycle. Artinya, 1 cycle adalah siklus per 5 detik, di mana 5 detik sama dengan klakson dibunyikan selama 1 detik ditambah waktu istirahat selama 4 detik. Kemudian dibunyikan lagi 1 detik dan istirahat lagi 4 detik. Begitu seterusnya hingga mencapai 50 ribu cycle.
 
"Oleh karena itu, daya tahan dan kualitas dari klakson waterproof Denso dapat menjadi salah satu pilihan tepat klakson tahan air," ujarnya.

Sementara itu, menyoal harga, Yusuf menjelaskan, Denso membanderol klakson waterproof dengan harga Rp200 ribu termasuk dengan ongkos pasang di kendaraan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya