Toyota Hadirkan Oli Mesin yang Sulit Ditiru

Peluncuran oli baru Toyota.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA.co.id – Saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017, PT Toyota Astra Motor tak mau terpaku pada menghadirkan kendaraan terbaru saja, namun juga berbagai produk pendukung.

Pakai Pelumas Ini Efeknya Jadi Mengerikan

Salah satunya yakni oli khusus untuk kendaraan diesel, yang diberi label Toyota Motor Oil atau TMO. Executive General Manager TAM, Widyawati Soedigdo mengatakan, peluncuran oli TMO 5W-30 ACEA A5/B5 dilakukan lantaran makin maraknya kendaraan bermesin diesel di Indonesia.

"Oli ini diluncurkan untuk merespons kebutuhan mobil baru yang menggunakan mesin diesel, untuk mengoptimalkan kinerja mesin," kata Widyawati di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Begini Cara Merawat Mobil Bekas yang Tepat

Dia menambahkan, oli tersebut merupakan oli mesin dengan formulasi sintetik dengan tingkat kekentalan 5W-30, yang disarankan untuk kendaraan diesel keluaran terbaru. Namun, bukan berarti mobil keluaran lama tidak bisa menggunakannya.

"Bukan berarti enggak bisa. Bisa, tapi lebih diperuntukkan untuk mobil diesel generasi terbaru dari Toyota. Agar kualitas kendaraan terus terjaga," ujarnya menambahkan.

Bengkel Ini Punya Satu Tradisi Unik

Di tempat sama, General Manager Technical Service TAM, Dadi Hendriadi mengklaim, pelumas tersebut dapat menghindari keausan, bahkan kebocoran, serta sekaligus menghancurkan kerak pada dinding mesin kendaraan.

"Oli ini jenisnya encer, cocok untuk mobil baru. Sehingga, kendaraan itu nantinya punya stabilitas yang baik, bahkan di cuaca dingin," ujarnya.

Untuk meminimalisir tingkat pemalsuan terhadap produk ini, Toyota membuat kemasan baru, yakni perubahan pada tutup dan desain botol. Sebab, saat ini banyak oli palsu yang beredar di pasaran.

"Kemasan baru akan lebih susah dipalsukan, dibedakan dari tutupnya. Teknologi pertama yang digunakan di Indonesia, sangat sulit ditiru untuk sementara ini. Oli ini dijual Rp140 ribu per liter," kata dia. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya