Nitrogen Vs Angin Biasa, Mana Lebih Baik?

Isi angin pakai nitrogen.
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Jasa pengisian nitrogen di sejumlah pom bensin semakin marak. Penggunanya pun tak sedikit, mulai dari kendaraan roda empat hingga roda dua. Mereka beranggapan, nitrogen jauh lebih baik dibandingkan angin biasa.

Kios Nitrogen di Pom Bensin Kok Pake Kompresor Angin, Buat Apa Sih?

Benarkah demikian?

Ternyata, penggunaan nitrogen pada ban memiliki kelebihan, salah satunya ban tidak cepat panas. Hal itu terjadi lantaran nitrogen memiliki molekul lebih besar, sehingga tidak mudah panas dan kempis.

Ban Biasa Diisi Nitrogen, Emang Ngaruh?

“Kelebihannya membuat pengendara lebih nyaman karena memiliki molekul lebih besar dibandingkan angin biasa,” kata Ali, teknisi Superban, kepada VIVA

Kenyamanan dalam berkendara juga dibuktikan dengan kondisi ban yang empuk. Nitrogen juga dapat menjaga elastisitas ban, sehingga kelenturan karet semakin terjaga. 

Lakukan Hal Ini, Dijamin Ban Serep Siap Pakai Setiap Saat

“Bila molekul lebih besar maka gaya gesek dalam ban akan berkurang,” ujar Ali.

Lalu, bagaimana jika nitrogen dan angin biasa tercampur di dalam ban. “Tidak masalah, hanya saja fungsi nitrogen akan berkurang,” katanya. (art)

Ilustrasi isi angin ban nitrogen

Jangan Campur Nitrogen dengan Angin Biasa saat Isi Angin Ban

Seiring perkembangan zaman, saat ini pengisian angin ban kendaraan berubah dengan nitrogen. Lalu, apa bedanya nitrogen dengan angin biasa?

img_title
VIVA.co.id
13 Juni 2022