Biaya Servis Xenia dan Terios Ternyata Beda Tipis

Great New Xenia
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Sebelum melakukan mudik Lebaran dengan mobil pribadi, ada baiknya melakukan servis terlebih dahulu. Ini penting guna memastikan mobil dalam kondisi prima.

Mau Beli Innova Zenix Hybrid, Segini Biaya Servis Berkalanya

Tak mesti mobil dalam kondisi lama, mobil baru pun wajib diperlakukan demikian. Begitu pernyataan Technical Service Executive Coordinator PT Astra  Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi.

"Untuk mobil baru jenis apa pun yang kilometernya masih rendah, pastikan semua cairan yang ada di kendaraan tetap diperiksa, kondisi tekanan ban, dan pastikan melakukan servis rutin sejak 10 ribu kilometer," kata Anjar kepada VIVA.

Biaya Servis Mobil Ini Lebih Murah dari Es Krim Mixue

Sebab, kata dia, pada prinsipnya kondisi jalanan pada saat mudik akan lebih parah seperti dilanda macet. Di mana kinerja mesin akan bekerja ekstra. Terlebih dengan beragam medan yang dilalui.

Biaya Servis

Minat Beli Toyota Raize? Segini Biaya Servisnya

Sementara itu Service Department Head AI-DSO (PT Astra International-Daihatsu Sales Operation), Ratno Yunanto memberi gambaran biaya servis Xenia dan Terios.

Kata dia, pada 10 ribu kilometer pertama untuk sekadar ganti air aki, paking, oli mesin, oli filter Xenia, biayanya sekira Rp371 ribu, sedangkan Terios Rp459 ribu.

Sementara pada jarak 20 ribu kilometer, biaya servis untuk Xenia masih sama yakni Rp371 ribu dan Terios Rp482,5 ribu. Padahal untuk periode servis kedua, brake pad juga turut dibersihkan.

"Dari 10 ribu sampai 30 ribu kilometer part yang diganti sama, yaitu oli mesin, paking, air aki. Kecuali di 20 ribu ada penambahan brake pad cleaner."

Sedangkan di 40 ribu kilometer, biayanya melonjak menjadi Rp1,1 jutaan untuk Xenia dan Rp1,2 juta untuk Terios. Meski biaya jasa bongkarnya gratis, namun biaya yang dipatok tetap meliputi oli mesin, oli transmisi, oli diferensial, paking, minyak rem, air aki, serta brake pad cleaner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya