9 Ribuan Unit Avanza Laku Jelang Lebaran 2018

Toyota Avanza.
Sumber :
  • Dok

VIVA – Jelang Lebaran, penjualan kendaraan pribadi meningkat, termasuk mobil. Hal itu berlaku untuk mobil dalam kondisi bekas maupun baru.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan, penjualan retail atau dari diler ke konsumen Toyota naik 9,6 persen di Mei 2018, jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Menariknya, angka tersebut didominasi oleh mobil keluarga kasta terendah yang kerap dijuluki mobil sejuta umat, yakni Avanza.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

“Dari April ke Mei, secara jualan kami ada kenaikan. Avanza yang masih cukup besar, kenaikannya hampir 30 persen dibanding April, retailnya sekitar 9.438 unit,” ujarnya di Jakarta, Selasa 5 Juni 2018.

Toyota Avanza Veloz

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Tapi menurut data Gaikindo, penjualan wholesales (pabrik ke diler) Avanza pada Januari sampai April 2018  tercatat hanya 28.330 unit, kalah dengan Mitsubishi Xpander yang mencapai 29.069 unit.

Bahkan, catatan terakhir di April 2018, Avanza hanya terjual 6.917 unit dan Xpander lebih unggul dengan angka 7.097 unit.

“Kalau wholesales, kami memang sedikit turun, hampir sama dibanding April. Juni ini liburnya banyak, kami ingin stoknya sedikit menyesuaikan hari kerja di Juni. Jadi, ada perbedaan wholesales dan retailsales sekitar empat ribuan di Mei,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya