Mobil Rakitan Bekasi Ini Justru Lebih Laku di Luar Negeri

New Hyundai H1 Royale
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) baru saja memperkenalkan Hyundai H-1 terbaru yang akan meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Menariknya, mobil pesaing Nissan Serena dan Mitsubishi Delica itu langsung dirakit lokal seperti versi sebelumnya di Bekasi, Jawa Barat.

Hyundai Terancam Diboikot di India, Apa Penyebabnya?

Bahkan produsen mobil asal Korea Selatan itu langsung meneruskan ekspor big Multi Purpose Vehicle terbarunya ini ke tiga negara seperti versi sebelumnya. Seperti yang disampaikan Presiden Direktur HMI, Mukiat Sutikno. Kata dia, sejak 2010, H-1 mulai dirakit secara lokal yang juga dieskpor untuk Thailand, Bhutan dan Brunei.

“H-1 ekspor tahun lalu sekitar 3.000 unit per-bulan, kapasitas pabrik kami setahunnya bisa produksi 25-26 ribu unit, belum over time. Terus terang pasar ekspor kami jauh lebih banyak ketimbang pasar domestiknya, perbandingannya bisa tiga kali lipat,” ujar Mukiat di Jakarta.

Penjualan Hyundai Meroket, Pabrikan Jepang Perlu Waspada

Tapi karena HMI menunggu waktu yang cukup lama untuk kembali merakit H-1 dengan versi terbarunya, maka ada penurunan 500 unit jumlah ekspornya dari versi lawas. “Kami setop dua bulan April-Mei, dan Juli 2018 ini kami baru mulai produksi lagi, dengan ekpor per-bulan 2.500 unit,” tuturnya.

“Untuk tahun ini harapan kita eskpor 2.500 (Juli-Desember 2018) karena ada jeda libur kemarin menunggu versi barunya. Ekspor kami tahun-tahun kemarin hampir 90 persen itu ke Thailand, karena jalan-jalan di sana cukup besar, jadi sisanya Bhutan dan Brunei,” ujarnya. (ase)

Respons HMID soal Kemunculan Mobil Baru China yang Ancam Hyundai Creta
Skoda Slavia

Mobil Pesaing Vios Rp100 Jutaan, dan Mesin Motor Mati Mendadak

Berita mobil pesaing Vios Rp100 jutaan dan mesin motor mati mendadak, jadi terpopuler di VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2022