Logo BBC

Taksi Terbang Tak Lama Lagi Jadi Kenyataan

Proyek mobil terbang yang sedang digarap Rolls-Royce. - Rolls-Royce
Proyek mobil terbang yang sedang digarap Rolls-Royce. - Rolls-Royce
Sumber :
  • bbc

VIVA – Rolls-Royce, yang lazim dikenal sebagai pabrik mesin pesawat dan mobil, menyatakan tengah merancang sebuah sistem pendorong demi terciptanya taksi terbang yang dapat mengangkasa pada awal dekade mendatang.

Perusahaan asal Inggris itu mengaku sudah menyusun rencana pembuatan kendaraan elektrik yang lepas landas dan mendarat vertikal atau EVTOL. Menurut rencana, mobil terbang tersebut dapat menampung lima orang dan melaju dengan kecepatan 402 kilometer per jam sejauh 800 kilometer.

"Kami berada pada posisi yang baik untuk memainkan peran utama dalam perkembangan mobilitas udara pribadi dan akan mencari kerja sama dengan berbagai mitra," kata Rob Watson, kepala divisi kendaraan elektrik Rolls-Royce, menjelang Pertunjukan Dirgantara Farnborough pekan ini.

Pihak Rolls-Royce mengungkap, bahwa EVTOL rancangan mereka awalnya menggunakan teknologi turbin gas demi menghasilkan listrik untuk memberi tenaga pada enam mesin pendorong minim bising.

Sayap kendaraan ini bisa berotasi 90 derajat sehingga dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal di bandara maupun landasan helikopter.

"Kami meyakini bahwa pekerjaan yang kami lakukan untuk mengembangkan kemampuan pendorong listrik hibrida, dapat membuat model ini tersedia pada awal hingga pertengahan 2020-an, asalkan model komersial yang layak untuk perkenalannya bisa diciptakan," sebut perusahaan itu.

Rolls-Royce juga mengaku sedang mencari pabrikan kerangka dan mitra untuk menyediakan aspek-aspek dalam sistem kelistrikan.