Laporan dari Bangkok Motor Show 2012

Mobil Serba Pintar Ford Bisa Parkir Sendiri

Interior All New Ford Focus
Sumber :
  • VIVAnews/Eko Priliawito

VIVAnews - Ford Motor Company secara resmi meluncurkan produk terbarunya, All New Ford Focus di Bangkok Motor Show, Selasa 26 Maret 2012. Generasi terbaru dari Ford Focus ini dilengkap fitur dan teknologi pintar.

"All New Focus mewakili kekuatan dan keunggulan strategi One Ford global. Generasi baru ini untuk memberi kualitas, penghematan bahan bakar, keamanan dan teknologi pintar yang melapaui harapan konsumen," kata Joe Hinrichs, President Ford Asia Pasific dan Afrika saat peluncuran New Ford Focus.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Fitur-fitur pintar itu adalah Active Park Assist, dengan hanya menekan tombol, pengendara All-New Focus dapat melakukan parkir paralel dengan mudah, benar-benar tanpa campur tangan pengendara.

Sistem pintar ini menggunakan sensor di sekeliling Focus untuk membantu mengidentifikasi tempat parkir yang memungkinkan kemudian mengendalikan mobil ke area tersebut. Pengendara cukup mengendalikan gas, rem dan roda gigi.

Fitur kedua adalah Active City Stop, sistem pencegaha tabrakan ini memonitor lalu lintas stasioner di depan, lalu mengerem secara otomatis jika sensor mendeteksi mobil di depannya behenti mendadak.

Ada pula Bilnd Spot Information System (BLIS), saat kendaraan memasuki blind spot, lampu berwarna oranye akan muncul di kaca spion di sisi yang sama sebagai tanda peringatan. Kemudian Smart Keyless Entry, fitur ini memampukan pengguna mengunci atau membuka pintu mobil tanpa harus mengeluarkan kunci dari tas atau saku. Sensor di sekeliling mobil mendeteksi adanya kunci.

Tak ketinggalan, Ford Power Start, dimana mesin dapat dinyalakan hanya dengan menekan tombol Ford Power Strart sambil meninjak kopling. Jadi tidak perlu memasukan kunci. Mesin akan terus berjalan selama kunci berada di dalam kabin.

Untuk menjadikan perjalanan lebih nyaman mobil ini dilengkai dual-zone electronic air-conditioning, rain-sensing wipers, automatic head lamps, cruise control, powered sunroff dan auto-dimminfg rear view mirror inovatif, yang secara otomatis medeteksi pantulan lampu depan lalu beralih ke pengaturan yang redup.

Dari segi desain, New Focus mengalami perubahan pada bemper, lampu depan dan gril. Tampilannya dibuat lebih agresif dan sporty.

Urusan dapur pacunya, Focus baru dibekali dua pilihan mesin lawas, tapi dengan teknologi baru. Pertama mesin Duratec GDi Ti-VCT 2.0 liter dilengkapi gasoline direct injection GDi bertekanan tinggi dengan twin independent variable camshaft timing (Ti-VCT).

Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis Ford PowerShift 6-percepatan, dual dry-clutch. Tenaganya, 170 PS dan torsi 200Nm. Mesin ini diklaim lebih kuat 20 persen dibandingkan Focus lawas.

Sedangkan mesin lainnya, Duratec Ti-VCT 1.6 liter bertenaga 125 PS dan torsi 159 Nm,  Dilengkapi dengan transmisi otomatis 6-percepatan dan pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024