Laporan dari Bangkok Motor Show 2012

Adu Mobil-mobil Cerdas di Negeri Gajah Putih

All New Ford Focus
Sumber :
  • VIVAnews/Eko Priliawito

VIVAnews - Banjir bandang yang menerjang Thailand tahun lalu tidak menyurutkan partispasi para produsen mobil untuk memamerkan produk terbaru mereka di ajang Bangkok International Motor Show Ke-33 tahun 2012.

Wartawan VIVAnews.com, Eko Priliawito ikut meliput acara tahunan yang mengambil tema "Technology Difference", yang berlangsung di Aula Challenger, Muang Thong Thani, Bangkok mulai 28 Maret - 8 April 2012.

Wakil Presiden dari Grand Prix International, Anothai Eamlumnow, mengatakan Bangkok Motor Show 2012 sebagai titik awal untuk membangkitkan industri otomotif Thailand yang sempat luluh lantas akibat adanya bencana banjir bandang.

Seperti diketahui, banyak produsen otomotif dunia yang menjadikan Thailand sebagai basis produksinya. Adanya banjir di negeri Gajah Putih menyebabkan gangguan pada rantai pasokan lokal maupun global. Bahkan, tidak sedikit yang harus menghentikan produksi selama beberapa bulan.

Honda adalah produsen mobil yang paling mengalami dampak dari kejadian banjir itu. Meski sejumlah produsen lain juga sangat terpengaruh karena kekurangan suku cadang.

"Saat ini banyak produsen mobil mulai berproduksi secara normal. Target tahun lalu pemesanan mencapai 34.000 unit, tahun ini diharapkan ada peningkatan hingga 40.000 unit," kata Anothai.

Kerusakan besar terjadi saat banjir tahun lalu, tidak menyurutkan nama-nama besar di industri otomotif untuk meluncurkan mobil-mobil terbaru yang hemat bahan bakar dan berfitur canggih.

Sebut saja eco-hibrida yang menjadi salah satu sorotan pada pameran tahun ini. Mulai dari BMW Acative Hibride V dan Nissan Townpod. Tak terkecuali Mitsubishi dan Suzuki yang juga memamerkan eco-hibrida.

Produsen Jepang lainnya, Toyota, juga menyuguhkan jagoan-jagoan terbarunya, seperti All New Camry, Prius dan mobil sport GT 86. Sedangkan Honda sukses menjadi sorotan dengan All-New Civic.

Namun dari semua peserta, Ford terbilang cukup berhasil memukai para pecinta otomotif. Pabrikan dari negeri Paman Sam ini meluncurkan All New Focus. Generasi terbaru dari Ford Focus ini dilengkap fitur dan teknologi pintar. Salah satunya fitur yang bisa memarkir mobil secara otomatis atau sendiri. Klik di sini untuk mengetahui detail fitur tersebut.

Selain All New Focus, varian terbaru Ford lain adalah Ford Fiesta 1.6L Sport Ultimate, Ford Fiesta Ti-VCT 1.5L dengan transmisi otomatis PowerShift enam kecepatan, All-New Ford Ranger, Ford Escape, Ford Everest baru, dan Ford Territory baru yang merupakan crossover dengan tujuh tempat duduk, dilengkapi mesin turbo diesel V6 TDCi 2.7L dan transmisi otomatis enam kecepatan.

Sejumlah perusahaan lain yang ikut berpartisipasi dalam acara ini adalah Chevrolet, Ford, Hyundai, Mazda, Mercedes-Benz, Rolls-Royce. Ada lebih dari 650 model mobil yang dipamerkan dalam Bangkok International Motor Show. (adi)

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

OJK meminta masyarakat untuk tidak panik merespons meningkatnya tensi geopolitik antara Iran-Israel.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024