Titik-titik Perubahan Honda Freed

Yang baru dari All New Honda Freed
Sumber :
  • VIVAnews/Hadi Suprapto

VIVAnews - Honda Prospect Motor berupaya menjaga pangsa pasar Multi Purpose Vehicle (MPV) medium andalan mereka, Freed di Indonesia.  Waktu empat tahun dirasa cukup bagi Honda untuk mengubah tampang mobil keluarga ini.

Lalu apa saja perubahan yang ditawarkan Honda?

New Honda Freed mengusung banyak perubahan di tampilan dan eksterior. Di sisi depan, grill tampil lebih elegan dengan desain full chrome mewah. Lampu depan juga menampilkan reflektor dengan sentuhan senada pada bagian grill. Sementara bumper depan tampil lebih dinamis.

Beralih ke bagian belakang, desain model baru dengan chrome lebih besar serta lampu belakang baru memberikan kesan lebih lebar dan mantap. Berbagai tampilan baru di sisi depan diimbangi desain velg yang atraktif pada tipe E (varian menengah) dan S (varian tertinggi). Teknologi new heat rejecting green tinted glass kini digunakan pada kaca samping dan belakang sebagai tambahan penangkal panas sehingga menjadi kabin tetap sejuk.

Beralih ke dalam kabin, sentuhan baru terlihat di bagian dashboard bertingkat dengan konsep open cafe dipadu warna baru yang lebih menawan. Demikian juga door lining yang semakin elegan dengan memadukan bahan fabric bernuansa beige di mana terdapat warna hitam di baris pertama.

Bangku New Freed kini sudah menggunakan material fabric baru yang lembut dan berkualitas tinggi. Tak ketinggalan adanya armrest di bangku pengemudi dan penumpang baris pertama. Tinggi rendah kursi pengemudi juga dapat diatur dengan mudah berkat fitur baru New Seat Height Adjustment (Tipe E dan S).

Fitur terbaru lainnya adalah A/V system baru dengan layar sentuh dan remote control yang dapat memainkan film atau lagu dari DVD, CD, dan USB yang kompatibel dengan iPod dan iPhone serta Bluetooh ready. Multi layerd meter cluster tampil dengan warna baru yang lebih terang dan diposisikan agar mudah dilihat dan pengemudi tetap fokus ke jalan.

Kabin New Freed juga sangat fleksibel, dengan kapasitas tujuh  penumpang, Freed masih memberikan ruang kargo dengan kapasitas 142 liter. Dengan melipat kursi belakang, kapasitas bagasi akan meningkat hingga 672 liter. Memuat barang di bagasi juga semakin mudah berkat ketinggian pintu bagasi mencapai 1120 mm, adapun jarak lantai bagasi 500 mm dari tanah.

New Honda Freed didukung oleh mesin i-VTEC 1.5 liter yang menghasilkan keseimbangan ideal antara bahan bakar dan tenaga yang besar. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga sebesar 118 PS dengan torsi maskimal 14,9 kgm/4.800 rpm, dan dikawinkan dengan transmisi otomatis 5 percepatan.

Berbagai teknologi seperti Shift Hold Control + Grade Logic Control, Drive By Wire, Torque Boost Resonator, dan Active Lock-Up System menambah performa mesin menjadi reponsif, presisi, dan heman bahan bakar.  Kenyaman berkendara juga tetap terjaga dengan dukungan suspensi depan McPherson Strut with stabilizer dan supsensi belakang H-ShapeTorsion Beam. Electirc Power Sterring membuat setir lebih ringan pada kecepatan tinggi dan rendah.

Untuk membantu pengemudi mencapai gaya berkendara yang efisien bahan bakar, Honda melengkapi fitur baru ECO Lamp. Fitur ini adalah petunjuk bagi pengemudi untuk hemat bahan bakar saat berkendara. Gaya berkendara pengemudi akan diukur dan hasilnya ditampilkan secara real time dalam bentuk lampu ECO yang menyalan berwarna hijau sebagai indikasi konsumsi bahan bakat yang efisien.

Dari segi pengereman mobil ini dilengkapi teknolodi Anti-lock Braking System untuk mencegah terkunci roda saat pengereman mendadak dan Electronic Brake-force Distribution untuk mendistribusikan daya pengereman sesuai beban kendaraan.  Bodi Freed juga dirancang dengan Pedestrian Proctetion Structure di lima bagian yang dapat meredam energi dan menimalkan cedera pada pejalan kaki.

Presenter Cantik Asal Spanyol Ini Bukan Manusia

Turun Rp10 Juta

New Honda Freed ditawarkan dalam tiga tipe yakni tipe A yang terjangkau, tipe S dengan kenyamanan esktra, serta tipe E untuk menikmati berkendara yang tertinggi. Lihat spesifikasi detail masing-masing tipe di sini.

"Harga New Freed untuk semua tipe turun sekitar Rp10 juta ketimbang generasi sebelumnya," kata kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Director PT Honda Prospect Motor di Jakarta, Selasa 8 Mei 2012.

Menurut Jonfis adanya penururan harga lantaran kurs dollar turun dan stabil. "Kurs dollar tidak setinggi waktu kami melucurkan generasi Freed  sebelumnya. Selain itu, kami juga mengurangi beberapa fasilitas tambahan seperti kaca film untuk tipe A," katanya.

Honda Freed pertama kali diluncurkan 29 Juni 2009 lalu. Kemudian disusul perubuhan model pada bulan Juli 2010. Freed memang cukup digandrungi di pasar otomotif nasional. Dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun mobil ini mampu terserap pasar sebanyak 37.128 unit.

Deretan Pria Pernah Jalin Hubungan dengan Nikita Mirzani dari Bule higga Ajudan Prabowo
Pelaku MM (30) diamankan polisi.

Bacok Penjual Nasgor di Cilincing hingga Tewas, Bucing Terancam Hukuman 15 Tahun Bui

Pelaku MM alias Bucing berulah konyol sebelum membacok korban AF. Saat itu, ia menggeber knalpot motor ke kelompok korban yang tengah bangunkan sahur.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024