Jelang Kenaikan DP, Mobil Bekas Ramai Diburu

Jual beli mobil bekas.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Jelang kenaikan uang muka kredit kendaraan per 1 Juni mendatang, penjualan mobil bekas di WTC Mangga Dua mengalami kenaikan yang signifikan di awal bulan Mei 2012.

Dari keseluruhan penjualan tersebut, peminat paling banyak membeli mobil-mobil MPV (Multi Propose Vehicle) dan city car seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Kijang Innova, Honda Jazz, Picanto, dan Yaris.

Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua--perusahaan pengelola mal mobil bekas di Jakarta Utara--, Herjanto Kosasih, mengatakan setiap minggunya di awal bulan ini, dia mampu menjual sekitar 70-100 unit mobil tipe MPV (Multi Propose Vehicle) dan city car.

Menurutnya jumlah ini mengalami peningkatan setelah sebelumnya menurun akibat rencana pemerintah yang membatasi penggunaan BBM bersubsi berdasarkan kapasitas cc mesin mobil. "Waktu ada wacana itu, mobil di atas 1.500 cc sepi peminat terutama Innova, tapi sekarang Innova justru kembali jadi incaran," kata Herjanto.

Kenaikan penjualan juga terjadi pada mobil diesel, seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, dan Chevrolet Captiva. "Mobil-mobil diesel juga masuk dalam jajaran yang diminati konsumen," ujar dia.

Geliat penjualan mobil seken di internet, juga mengalami peningkatan. Menurut PR Manager Tokobagus.com, pertumbuhan ini dikarenakan meningkatnya popularitas untuk mencari dan membeli mobil secara online.

Bahkan, hampir 1.000 unit mobil setiap harinya terjual melalui Tokobagus.com. Menariknya, 90 persen adalah unit mobil bekas dengan kisaran harga Rp30 sampai 50 juta.

Mobil bekas yang mendominasi penjualan di dunia maya seperti city car, sedan, pikap dan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV). Penjualan maupun pembelian mobil bekas yang semakin meningkat secara online di Indonesia ini berasal dari kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang.

Sebelumnya, Bank Indonesia mengatur DP (Down Paymet) kredit kendaraan roda dua minimal 25 persen dan mobil sebesar 30 persen. Kebijakan itu akan mulai diberlakukan bulan Juni mendatang.

Pembangkangan Terhadap UU Telekomunikasi, Pengusaha Ilegal Ini Diancam Hukuman Pidana
Ilustrasi aparatur sipil negara atau ASN

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Sebagai informasi dari keterangan, pegawai ASN yang nantinya berhak mendapatkan satu unit apartemen tersebut mereka yang menjabat sebagai eselon I di kementerian/lembaga.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024