Dahlan Iskan Jajal Mobil Listrik Lokal

Dahlan Iskan
Sumber :

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, telah menguji coba alias test drive salah satu mobil listrik lokal bermerek Ahmadi, pada Kamis malam, 5 Juli 2012.

Setibanya mendampingi Presiden dari Australia dan Sumba, dia langsung meluncur ke Depok, daerah di mana mobil listrik berjenis mini MPV ini dikembangkan. Dahlan mencoba mengelilingi pabrik. "Belum keluar ke jalan raya. Kerenlah," kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jumat 6 Juli 2012.

Dahlan menjelaskan mobil listrik ini akan diluncurkan pada 10 Agustus mendatang bertepatan dengan hari kebangkitan teknologi nasional. Saat ini, Dasep Ahmadi, perancang mobil listrik tersebut, telah menyiapkan tiga unit mobil berwarna hijau, hitam, dan putih.

Nantinya mobil ini akan berlogo A, sesuai namanya Ahmadi. Walau pun namanya sangat Indonesia, dia yakin kualitas mobil listrik ini tidak kalah dibandingkan bikininan pabrikan dunia. "Sedangkan nama mobilnya masih menunggu pemberian dari Presiden. Bulan depan saya akan nyetir sendiri ke kantor saya," ujar Dahlan.

Sekali baterainya diisi ulang, mobil listrik ini mampu berjalan hingga 150 kilometer. Ke depan dia berharap mobil listrik ini sekali isi ulang dapat menempuh jarak hingga 300 kilometer.

Dahlan menyatakan untuk penjualan mobil listrik buatan Ahmadi dan kawan-kawan ini akan menyerahkan sepenuhnya kepada perusahaan swasta. BUMN, lanjutnya, tidak akan mengambilalih penjualan mobil listrik tersebut.
"Sedangkan untuk kelas city car dan mobil mewah itu akan dikembangkan oleh Pindad. Harus menunggu satu bulan lagi," katanya.

Sowan ke Sejumlah Elite Politik, Pengamat: Prabowo Tunjukkan Sikap Kenegarawanan
Arus lalu lintas Puncak Bogor padat hingga Jumat Malam.VIVA/Muhammad AR

Hindari Jalur Puncak, Ada Pemberlakuan Oneway Lebih Lama 2 Kali Sehari dan Titik Gage Ditambah

Masyarakat yang mudik dengan melintasi atau berwisata ke wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat diimbau sebaiknya mencari jalur alternatif.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024